Flag Counter
3 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Berkunjung ke MUI Papua Barat, Rektor IAIN Sorong Ajak Kolaborasi.

Rektor IAIN Sorong, Dr. Hamzah, M.Ag. (kedua dari kanan) Menyerahkan Cinderamata kepada Sekretaris MUI Papua BArat, H. Naharuddin, S.H., S.Pd., M.H. (kedua dari kiri) Disaksikan oleh Drs. Hasbullah, Ph.D. (kanan) dan H. Saleh Siknun, S.E. (kiri).

Sorong. kitorangnews.com –  Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Dr. Hamzah, M.Ag. dengan didampingi oleh Plt. Wakil Rektor II / Dekan Fakultas Tarbiyah, Drs. Hasbullah, M.Pd., Ph.D. melakukan kunjungan kerja ke Gedung Sekretariat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua Barat yang beralamat di Jalan Drs. Essau Sesa, Wosi, Kecamatan Manokwari Barat. Kabupaten Manokwari. Kamis (17/3/2022)

Dalam lawatan kerja kerja tersebut, Dr. Hamzah, M.Ag. selaku Rektor mengajak Majelis Ulama Indonesia Papua Barat untuk berkolaborasi dengan IAIN Sorong dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul dan transformatif melalui berbagai program kerjasama.

Di antara agenda kolaborasi yang ditawarkan oleh Rektor IAIN Sorong kepada MUI Papua Barat adalah akselerasi muslim kelas menengah melalui program Magister (S2) dengan program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Distingsi Kepemimpinan Transformatif.

Selanjutnya, IAIN Sorong mengajak MUI Papua Barat untuk bergandengan tangan agar mendorong Provinsi Papua Barat sebagai provinsi moderasi beragama yang dapat diwujudkan melalui, Pertama, dialog internal sesama muslim di kalangan siswa/mahasiswa, pengurus masjid, ketua majelis ta’lim. Kedua, dialog lintas umat beragama di kalangan siswa/mahasiswa lintas agama, antar rumah ibadah, kelompok dan antar kekeluargaan.

Ketiga, masih terkait dengan upaya mewujudkan Papua Barat sebagai provinsi moderasi beragama, Rektor IAIN Sorong pun menyampaikan bahwa perlu adanya dokumen kerjasama sama lintas tokoh agama serta mengusulkan Peraturan Daerah Provinsi Papua Barat tentang Penyelenggaraan Toleransi di Lingkup Provinsi Papua Barat.

Di samping berbagai tawaran kolaborasi yang telah dipaparkan di atas, Dr. Hamzah, M.Ag. mengajak MUI Papua Barat untuk menyusun buku dengan tema “Dakwah dalam tahun 2022” serta menyelenggarakan kegiatan audisi Da’i/Da’iyah Majelis Ta’lim se-Provinsi Papua Barat yang memperebutkan piala Gubernur.

Berbagai gagasan kolaborasi kerjasama yang disampaikan oleh Rektor IAIN Sorong disambut positif oleh Ketua II, H. Saleh Siknun, S.E. dan H. Naharuddin, S.H., S.Pd., M.H. selaku Sekretaris Majelis Ulama Indonesai (MUI) Papua Barat.

Pertama-tama, H. Naharuddin, S.H., S.Pd., M.H. selaku Sekretaris MUI Papua Barat menyampaikan terimakasih atas jalinan silaturahmi dan berharap senantiasa terjalin dengan baik.

Selanjutnya dirinya pun senantiasa siap berkolaborasi dan membangun komunikasi yang baik antara MUI Papua Barat dan IAIN Sorong dalam membangun Papua Barat yang moderat dan bermartabat. Apa yang menjadi tawaran-tawaran kolaborasi ini akan disampaikan kepada Ketua MUI Papua Barat, K.H. Ahmad Nausrau, S.Pd.I., M.M. yang saat ini sedang berada di luar Papua Barat.

Pada akhir lawatan kerja kemarin siang, Rektor IAIN Sorong menyerahkan cinderamata sebagai hadiah dan tanda jalinan kerjasama kepada MUI Papua Barat yang diterima langsung oleh Sekretaris Majelis Ulama Indonesia Provinsi Papua Barat.***

Tentang Penulis