Flag Counter
12 June 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Ramadan: Evaluasi, Tindaklanjut dan Istiqamah (20)

Gambar Ilustrasi (kitorangnews.com/RR)

Penulis: Hamzah Khaeriyah (Rektor IAIN Sorong / Ketua Umum Darud Da’wah wal Irsyad Papua Barat Daya)

Sorong.Kitorangnews.com – Pembahasan berikut ini menyangkut hubungan shalat dan kepedulian sosial. Oleh penceramah Islam menyatakan bahwa shalat itu mendidik pelakunya untuk disiplin untuk dirinya tetapi hasil shalat itu adalah bersifat eksternal yakni dampak di luar dirinya.

Saya senang mendengar pernyataan itu. Saya berfikir bahwa mungkin itu sebabnya, ada pembaharuan komitmen setiap kali akan mengakhiri shalat dengan ucapan salam ke sisi kanan dan kiri.

Pada kesempatan lain teringat pesan penceramah, bahwa di masjid terdapat jamaah yang ketika keluar dari masjid tidak bisa membedakan sandal yang digunakan dari rumah ke masjid dan yang digunakan pulang.

Menurutnya ada lima tipikal jamaah terkait dengan sandal:

Pertama, Jamaah yang keluar masjid dan konsisten mengenal dan memilih sandal yang digunakan sebagai miliknya.

Kedua, Jamaah yang konsisten mengenal hanya saja ia lupa warna dan bentuknya namun tetap mencari dan memilih dan memilah di antara sandal miliknya dan pulang dengan mengenakan sandal miliknya.

Ketiga, Jamaah yang konsisten mengenal dan mencari sandalnya, tetapi ia tidak temukan sehingga ia pulang tanpa mengenakan sandal, meskipun masih ada sandal yang tersisa.

Keempat, Jamaah yang mengenal dan berkomitmen harus menggunakan sandal, setelah mencari sandalnya, ia tidak temukan, maka ia gunakan sandal yang ada saja.

Kelima, Jamaah yang mengenal.sandalnya, dan begitu keluar masjid langsung cari sandal yang lebih baik dari sandalnya dan meninggalkan halaman masjid.

Wallahu A’lam.

==BERSAMBUNG…===

Loading

Tentang Penulis