Flag Counter
21 July 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Sukseskan MTQ Ke-1 Provinsi Papua Barat Daya, 4  Pimpinan IAIN Sorong Jadi Anggota Dewan Hakim

SORONG– Turut mensukseskan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-1 tingkat Provinsi Papua Barat Daya, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong menunjukkan perannya dengan turut serta ambil bagian mulai dari kepanitiaan , jadi peserta hingga menjadi anggota dewan hakim.

   Melaksanakan perannya dalam menghasilkan qori-qoriah, hafiz hafizah terbaik,  4 pimpinan IAIN Sorong yang jadi anggota  dewan hakim  dilantik pada malam ta’aruf dan pelantikan dewan hakim di ACC Al Akbar, Selasa malam ( 11/6).

 Rektor IAIN Sorong, Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA (kedua dari kiri) menghadiri malam ta’aruf dan pelantikan Dewan Hakim MTQ ke-1 Provinsi Papua Barat Daya pada 11 Juni 2024. (ist)

Keempat pimpinan IAIN Sorong yang dilantik sebagai  dewan hakim pada MTQ ke-1 Provinsi Papua Barat Daya yakni Wakil Rektor I, Dr Sudirman, SH M.Hi,  Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr Indria Nur, M.Pd.I, Dekan Fakultas Syariah dan Dakwah, Dr Surahman Amin, LcMA, dan Ketua Program Studi  (Prodi) Pendidikan Agam Islam Pascasarjana, Drs Hasbullah, M.Pd P.hD.

  Acara malam ta’aruf dan pelantikan dewan hakim turut dihadiri Rektor IAIN Sorong, Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA dan sejumlah pejabat dan tamu undangan lainnya.  

  Sementara itu, dalam mensosialisasikan pelaksanaan MTQ ke-1 Provinsi Papua Barat Daya, IAIN Sorong juga memasang beberapa flayer ucapan di beberapa tempat atas suksesnya pelaksanaan MTQ yang pertama kali digelar di Provinsi Papua Barat Daya.

 Mensukseskan MTQ ke-1 Provinsi Papua Barat Daya, peran penting juga ditunjukkan oleh  staf, mahasiswa dan alumni IAIN Sorong.  Alumni IAIN Sorong, Dirfan Kahar, M.Ag selain terlibat dalam kepanitiaan sebagai Seksi Musabaqah, Ia juga tampil membacakan  lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an pada acara pembukaan MTQ ke-1 Provinsi Papua Barat Daya.

  Pelaksanaan MTQ yang berlangsung 11-15 Juni 2024 dibuka oleh Pj Gubernur Papua Barat Daya Dr Drs Mohammad Musa’ad, M.Si di Lapangan MAN Kota Sorong pada  Kamis malam, 12 Juni 2024. Dalam sambutannya Pj Gubernur Mohammad Musaad mengatakan, pelaksanaan MTQ pertama di Provinsi Papua Barat Daya, bukan hanya ajang pemerintah melainkan ajang seluruh umat Islam.

 Karena itu Pj Gubernur memberikan apresesasi kepada pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan pelaksanaan MTQ ke-1 Provinsi Papua Barat Daya.

  Dalam laporannya, Ketua Panitia MTQ ke-1 Provinsi Papua Barat Daya, H. Rofiul Amri mengungkapkan MTQ  diikuti 391 peserta dan official dari 6 kabupaten kota di Provinsi Papua Barat Daya. Dengan cabang lomba terdiri dari  lomba seni  baca Al Qur’an,  Hifzil Al Qur’an,  Tafsir Al Qur’an,  Fahmil Al Qur’an, Syarhil Al Qur’an, Seni Kaligrafi Al Qur’an,  Hafalan  al hadist dan lomba karya tulis ilmiah.

 Merupakan kebanggaan tersendiri , tandas  Roiful Amri,  semua yang terlibat dalam MTQ pertama di Provinsi Papua Barat merupakan pelaku sejarah, peletak pondasi dan  kelak akan tercatat sebagai pelaku-pelaku sejarah MTQ yang pertama di Provinsi Papua Barat Daya. (ams)

Loading

Tentang Penulis