Flag Counter
3 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Web-Seminar DMT: Membedah Buku Guru Besar UIN Suka

foto: koleksi kontributor kitorangnews.com

Sorong, KitorangNews.com – Web-Seminar (webinar) Diskusi Mingguan Terarah (DMT) edisi bulan Juni digagas oleh Pascasarjana IAIN Sorong Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Penyelenggaraan DMT kali ini membahas/membedah integrasi-interkoneksi buku karya Guru Besar UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. M. Amin Abdullah dengan kebijakan Mendikbud tentang “merdeka belajar-belajar merdeka”. Panitia penyelenggara mengundang langsung Prof. Dr. M. Amin Abdullah sebagai Narasumber dan didampingi oleh Retor IAIN Soron, Dr. Hamzah, M.Ag., (pengantar).


Kegiatan webinar DMT edisi ini termasuk menyedot banyak peserta. Terpantau oleh kontributor kitorangnews tercatat sekitar seratus orang lebih dari berbagai perguruan tinggi yang ada di tanah air. Moderator webinar dipandu oleh Sekertaris Pusat Penjaminan Mutu IAIN Sorong, Dr. Sudirman, M.H.I. (15/06/2020).


Salah satu poin penting dari pelaksanaan diskusi tersebut bahwa bagian dari proses pengumpulan informasi tentang suatu masalah tertentu yang spesifik (Integrasi-Interkonektivitas), selain itu Diskusi ini akan mendorong peserta untuk berani berbicara terbuka dan spontan tentang hal yang dianggap bisa diterapkan pada lingkungan akademik masing-masing salah satunya panarapan merdeka belajar dan kampus merdeka. Diskusi memungkinkan terjadinya diskusi intensif dan tidak kaku dalam membahas materi berkemajuan sehinggga memungkinkan ada gagasan baru atau informasi yang penting, menarik, bahkan kadang bisa diterapkan dalam dunia akademik.


Sebagai mukaddimah, Prof. Dr. Amin Abdullah mengajak peserta yang merupakan kalangan inteklektual masa kini untuk memahami era generasi yang saat ini kompleks di Indonesia. Ia menyampaikan bahwa ada lima poin penting dalam diskusi terarah ini pertama, Kesiapan kita dalam merespons kebijakan pemerintah, kedua kegelisahan muslim kotemporer, ketiga era menuju generasi ketiga, keempat integrasi ilmu agama dan sains serta lainya, dan kelima trend keilmuan masa depan ‘merdeka belajar-belajar merdeka’ demikian penjelasannya.


Kegiatan DMT ini menggunakan dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada pukul 10.00-12.00 WIT dan ses ke dua pada pukul 14.00-16.00. Meskipun demikian pada sesi pertama banyak peserta mengemukakan pertanyaan dan pandangan sebagai bentuk feadback materi yang disampaikan oleh narasumber.


Pada kesempatan yang sama Dr. Sudirman, M.H.I sebagai pemandu mengungkapkan “pentingnya kegiatan ini sebagai literatur membuka cakrawala bagi para dosen untuk integrasi keilmuan dari segala aspek dan menjadi bahan kajian yang selama ini terkesan belajar multidisiplin, sehingga “merdeka belajar-belajar merdeka” nantinya bisa diterapkan di IAIN Sorong” demikain ucapnya.
Kegiatan ini dihadiri pula oleh Direktur Pascasarjana IAIN Sorong dan sebagian dosen internal dan beberapa kalangan dosen dari luar.

Tentang Penulis