Flag Counter
16 June 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Lantik 38 Pejabat  IAIN Sorong, Suparto Iribaram : Saya Ingin Bapak Ibu Mengimbangi Langkah Saya

SORONGKitorangNews–  Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan 38 pejabat di lingkungan IAIN Sorong, Selasa (11/6).

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah /janji jabatan 38 pejabat yang berlangsung di Lantai 3 Gedung Rektorat IAIN Sorong disasikan Kepala Biro Administrasi, Umum, Akademik dan Kepegawaian (AUAK)  Dr H.M Arsyad Ambo Tuo, M.Ag, Wakil Rektor 1, Dr Sudirman, SH M.Hi dan Wakil Rektor 2 Dr Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I.

 Pengambilan sumpah dan janji jabatan pejabat yang dilanbtik. (KitorangNews)

Dari 38 pejabat yang dilantik   yakni Dr Surahman Amin, LcMA yang sebelumnya Dekan Fakultas Tarbiyah kini dilantik sebagai Dekan Fakultas Syariah dan Dakwah (Syardak).

Selain itu, Dr Bambang Sunatar, SE MM yang sebelumnya Dekan Fakultas Syardak dilantik sebagai Direktur Pascasarjana,  Dr Indria Nur, M.Pd.I dilantik sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah.

Selain itu  yang juga dilantik , Dr Hasbiah, S.Sos MM sebagai Wakil  Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan,  Kelembagaan dan Kerja Sama pada Fakultas Syardak,  Dr  Abdul Rahman, SS.M.Pd sebagai Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan,  Fatma Sari, M.Pd.I sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik  Kemahasiswaan, Kelembagaan dan Kerja Sama pada Fakultas Tarbiyah, Suharmoko sebagai Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan.

 Penandatanganan berita acara dan pakta integritas. (KitorangNews)

Udin Latif , MH sebagai Ketua Jurusan  Syariah, Efa Rubawati, S.Sos M,Med.Kom sebagai Ketua Jurusan Dakwah, Dr Fardan Abdillah, M. M.Pd.I sebagai Wakil Direktur Pascasarjana, Drs Hasbullah, M.Pd P.h.D sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana, Syahrul, LcMA sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Agus Yudiawan, M.Pd sebagai  Ketua Lembaga Penjaminan Mutu.

Dr Andi Ahriani, SS, M.Si sebagai Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu, Alif Hasanah, M.Pd sebagai Kepala Satuan Pengawasan Internal,  Dr Muhammad Huzain, S.Fil M.Si sebagai Mudir Mah’ad Al Jami’ah,  Drs Muhammad Satir, M.Pd.I sebagai Sekretaris Mah’ad Al Jami’ah, Muhammad Ramli, S.Pd M.Pd sebagai Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan, Erwinestri Hanidar  Nur Afifi, M.Pd sebagai Kepala UPT  Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD).

Rektor menyerahkan SK kepada salah satu pejabat yang dilantik, Misnariah Idrus, S.Pd MA.

Misnariah Idrus, S.Pd MA sebagai Kepala UPT Bahasa, dan  Abdul Azis  Khoiri, M.Pd sebagai Koordinator Prodi Pendirikan Agama Islam (PAI), Rabiudin, M.Pd sebagai  Koordinator Prodi Ilmu Pengetahuan Alam, Sumarsi, M.Pd.I  Koordinator Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI), Hartinah, S.Sos.I, S.Pd.I, MA sebagai Koordinator Prodi MPI, Oki Sandra Agnesa, M.Pd sebagai Kaprodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, (PGMI) Andi Hasrun, SE MM, sebagai Koordinator Prodi Ekonomi Syariah, Hujriman, MH sebagai Koordinator Prodi AS, Dwi Iin Kahinah, M.Sos.I sebagai Koordinator Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI).

Masseni, M.Sos.I  sebagai Koordinator Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI), Hermanto, M.Pd.I sebagai Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, Miftahul Fadlik Dabamona sebagai Kepala Pusat Penelitian, Evie Syalviana, M.Psi sebagai Kepala Pusat Studi Gender dan Anak, Rusyaid, M.Pd.I sebagai Kepala  Pusat Kajian Islam Papua, Sella Nofriska Sudrimo, S.Si, M.Si sebagai Koordinator Penyelenggara Standar Mutu, Khatipah, M.Pd sebagai Sekretaris Prodi PAI Pascasarjana, Riska Latifatul Husna, M.Pd sebagai Koordinator Pusat Audit dan Pengendalian Mutu, Abdullah Sultin,M.Sos sebagai Koordinator  Pusat Akreditasi  dan Sertifikasi. 

 Pengambilan sumpah dan janji jabatan yang dipimpin oleh Rektor IAIN Sorong Dr Suparto Iribaram berlangsung khidmat. Rangkaian acara pelantikan diikuti dengan penandatanganan berita acara dan pakta integritas dari setiap pejabat yang dilantik dan sebagai saksi adalah Wakil Rektor I Dr Sudirma, M.Hi dan Karo AUAK, Dr H.M Arsyad Ambo Tuo, M.Ag.

 Usai pelantikan, Rektor Dr Suparto Iribaram yang ditemui media di ruang kerjanya mengatakan, pelantikan pejabat di lingkungan IAIN Sorong dilakukan karena Ia menginginkan adanya nuansa baru. 

 Dari komposisi pejabat yang baru itu, Dr Suparto Iribaram mengatakan ingin  memulai sebuah era baru dan semangat baru dalam   memperkenalkan kampus IAIN Sorong  menjadi bagian dari masyarakat  secara umum di Provinsi Papua Barat Daya.

 “Saya ingin komposisi  berubah sesuai dengan bidang keahlian masing-masing sehingga  apapun yang menjadi target dan  sasaran kita itu bisa disikapi dengan mudah,”ujar Suparto Iribaram.

“Kemudian saya juga menginginkan bahwa ada nuansa baru  dan komposisi yang saya pakai ini adalah orang-orang  yang memiliki semangat yang kuat untuk bagaimana bisa sama-sama berlari bersama  saya,”imbuhnya.

 Di masa kepemimpinannya, Dr Suparto Iribaram menginginkan IAIN Sorong  menjadi salah satu kampus terbaik khususnya di Provinsi Papua Barat Daya.  Dan secara umum tidak kaku  dalam mengambil kebijakan.

 “Kita tentunya tahu bahwa kita  berada di dalam daerah yang multikultur. Kita ingin bagaimana kita mampu menyesuaikan diri dengan kondisi ini, maka paham moderat itu selalu menjadi bagian dalam kita menghargai orang lain,”ujar Suparto Iribaram.

 “Jadi para pejabat yang dilantik hari ini saya sangat berharap mereka  mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai para karyawan, para pengajar di IAIN selain mereka  mencerdaskan kehidupan bangsa dan sumber daya  manusia di Sorong, tapi mereka juga mampu menjaga harmonitas dalam kehidupan  bagaimana menjaga kestabilan lingkungan, bagaimana mampu beradaptasi dengan lingkungan, bagaimana bisa membangun dan bersinergi dengan masyarakat secara umum di Papua Barat Daya,”harap Rektor IAIN Sorong Dr Suparto Iribaram.

 Kepada pejabat di lingkungan IAIN Sorong yang dilantik, Suparto Iribaram  berharap  memiliki kreatifitas,inovasi, dalam membangun dan memperkenalkan program studi , dan fakultas maupun lembaga yang dipimpin.

  Pakta integritas yang ditandatangani merupakan standar evaluasi yang diberlakukan setiap tahun. “Target-target yang akan dicapai minimal setiap tahun kita evaluasi, karena tentu kita memiliki  perencanaan dan target-target yang akan kita capai. Tentunya kita punya rencana-rencana strategis dalam memajukan kampus IAIN Sorong,”ujar Suparto Iribaram.

“Jadi kami meminta kepada mereka apakah bisa memenuhi, kalau tidak ya kami bisa menggantikan orang yang lebih kompeten disitu,”jelasnya kepada media. Lebih lanjut dalam memajukan IAIN, Suparto Iribaram mengatakan dirinya tidak bisa berlari sendiri, tetapi pejabat yang telah dilantik harus bisa  berlari bersama-sama dengannya.

“Saya mengajak kita semua berlari. Saya ingin supaya bapak ibu mengimbangi langkah saya. Karena kalau saya sendiri yang berlari, bapak ibu tinggal maka  saya berlari sendiri, itu kan kasian. Saya cape, bapak ibu ketawa saya,”ujar Suparto Iribaram dalam sambutannya usai melantik pejabat di lingkungan IAIN Sorong.

 Sebagai pejabat, pemimpin di unit atau lembagnya masing-masing, Suparto Iribaram juga  berharap untuk melakukan pembinaan kepada bawahannya dengan baik.  Agar berhasil dalam melaksanakan tugas yang diemban, Dr Suparto Iribaram  juga mengungkapkan perlunya mengubah  konsep kepemimpinan dari fixed mindset jadi growth mindset.

 Fixed mindset yang menganggap sebagai pemimpin dirinyalah selalu  paling benar , ini tidak berlaku lagi melainkan   kini harus mengubah mindset bahwa semua orang yang ada di sekitar kita itu adalah orang-orang yang  memiliki potensi, kemampuan.

 “Jangan berpikir  bahwa ah ini orang tidak benar, ah ini nanti bikin cape, bapak ibu punya hak membina, membimbing, jika dia tidak bisa, maka lakukan cara  untuk mengubah dia jadi bisa. Ini yang penting,”pesan

 Dalam sambutannya, Rektor IAIN Sorong  menegaskan bahwa pelantikan pejabat benar-benar melalui proses penggodokan sesuai dengan kemampuan/keahlian dari masing-masing pejabat.

 Model KISS (Koordinasi, Integrasi dan Singkronisasi) digaungkan oleh Dr Suparto Iribaram sehingga kedepan, IAIN Sorong tidak lagi dipandang sebelah mata karena telah mampu hadir sebagai salah satu kampus terbaik di Tanah Papua. (ams)

Loading

Tentang Penulis