Flag Counter
21 July 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Rektor IAIN Sorong Hadiri Peringatan  HUT Kabupaten Sorong ke-57

SORONG– Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA  menghadiri  peringatan HUT  Kabupaten Sorong ke-57, Jumat  pagi, 14 Juni 2024 yang digelar di Alun-alun Aimas Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya (PBD) .

 Peringatan HUT Kabupaten Sorong ke-57 berlangsung  dalam upacara yang dipimpin oleh Pj Bupati Sorong , Ir Edison Siagian, ME. Tampak dalam deretan tamu undangan , mantan Bupati Sorong Dr Drs Stepanus Malak, M.Si, segenap unsur Forkopimda di Papua Barat Daya, ketua-ketua organisasi pemuda, oganisasi wanita , tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

 Dalam upacara peringatan HUT Kabupaten Sorong ke-57 , peserta upacara dan tamu undangan mengenakan drssscode pakaian adat dari berbagai daerah nusantara di tanah air. Usai upacara yang berlangsung khidmat, peringatan HUT Kabupaten Sorong ke -57 juga ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Pj Bupati Sorong Edison Siagian.

Pj Bupati Sorong, Ir Edison Siagian, ME memotong tumpeng peringatan HUT Kabupaten Sorong ke-57. (rosmini)

  Potongan tumpeng kemudian diberikan satu persatu mulai kepada Pj Gubernur Papua Barat Daya yang diwakili Staf Ahli  Gubernur Bidang  Pemerintahan, Hukum dan Politik, Drs Yakob Kareth, M.Si, dan kepada pejabat Forkopimda lainnya. Sebanyak 20 potongan tumpeng diserahkan  oleh Pj Bupati Sorong kepada pejabat TNI Polri, berbagai  organisasi wanita dan perwakilan komponen masyarakat lainnya di Kabupaten Sorong.

  Dalam sejarah Kabupaten Sorong yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Soorng , Adi Bremantyo, S.IP, M.Si diungkapkan bahwa kepemimpinan Kabupaten Sorong diawali dari  Abdul  Rasyid sebagai Wakil Bupati Koordinator periode  1963- 1965. Kemudian RM Suwarno, Wakil Bupati Koordinator yang kemudian  pada tahun 1967 diangkat menjadi  Bupati Kabupaten Administratif  Sorong (1965-1967. 

Setelah RM Suwarno, ada  Subardja, Bupati  Kabupaten Administratif/Otonom (1967-1969),  kemudian Agus Sujitno, Bupati Kepala Daerah Tingkat II Sorong (1970-1975). Selanjutnya kepemimpinan beralih  ke Sutadji sebagai  Bupati Kepala Daerah Tingkat II Sorong periode  tahun 1975- 1980 dan periode 1981-1986. Setelah Sutadji ada Bupati Joko Purnomo Adi (1987-1991),  Drs Sarteis Wanma, 1991-1992 sebagai  Carateker Bupati Sorong.

  Selanjutnya Kabupaten Sorong dipimpin Brigjen (purn) Abraham Oktovianus  Atururi  (1992-1997) , Dr Jhon Piet Wanana, SH M.Si selama 2 periode  berpasangan dengan Dr Drs Stepanus Malak, M.Si (1997-2002) dan (2002- 2007). Kemudian juga ada  Drs Muhammad Tangke sebagai Plt Sekda dan Plh Bupati Sorong tahun 2007 hingga dilantiknya  Dr Drs Stepanus Malak, M.Si sebagai Bupati Sorong.

 Dr Drs Stepanus Malak, M.Si  memimpin Kabupaten Sorong selama 2 periode  yakni periode 2007-2012  berpasangan dengan  Drs Tri Budiarto sebagai Wakil Bupati,  dan period  II tahun 2012-2017 berpasangan dengan  Suka Harjono, S.Sos M.Si. Tanggal 28 Oktober 2016 sampai dengan tanggal  11 Februari 2017,  Drs Musa Kamudi, M.Si menjadi  Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sorong.

 Tanggal 13 Juni  2017-  22 Agustus 2017,  Ir Muhammad Said Noer, M.Si  sebagai  Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sorong . Kemudian tanggal 22 Agustus 2017,  Dr Johny  Kamuru, SH M.Si dan Suka Harjono, S.Sos M.Si dilantik sebagai  Bupati Sorong dan Wakil Bupati Sorong perode 2017-2022.

 Dalam upacara peringatan HUT Kabupaten Sorong ke-57, peserta upacara hingga tamu undangan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di tanah air. Di Usia ke -57 tahun Kabupaten Sorong, Pj Bupati Sorong berharap kepada  segenap aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sorong untuk memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi, bekerja keras dalam setiap pekerjaan yang dilakukan demi memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

 “Harapan yang sama pula kepada unsur DPRD , legislatif  Kabupaten Sorong untuk bersama-sama dengan pemerintah, mengawal setiap kebijakan, dengan senantiasa mengedepankan fungsi pengawasan,”ujar Edison Siagian. Pada peringatan HUT  Kabupaten Sorong, juga diumumkan pemenang lomba gerak jalan.  Dimana pada kategori pelajar, juara I diraih MAN Kabupaten Sorong,  juara 2  diraih MAN IC Kabupaten Sorong dan juara 3  diraih SMA Guppi Kabupaten Sorong.

 Sedangkan pada kategori umum, juara I diraih Disparpora Kabupaten Sorong, juara 2 diraih  Dinas P dan K Kabupaten Sorong, dan juara 3  diraih  Disdukcapil Kabupaten Sorong. Untuk lomba kebersihan,  pada kategori kelurahan, juara I diraih  Kelurahan Matawolot Distrik Salawati,  juara 2 diraih  Kelurahan Majener Distrik Salawati dan juara 3 diraih Kelurahan Makbalim Distrik Mayamuk. Sementara pada kategori Organisasi Perangkat Daerah (OPD) , juara 1 diraih Dinas Perikanan, juara 2 diraih Dinas PUPR dan juara 3 diraih RSUD JP Wanane Km 22 Kabupaten Sorong.

 Pada kesempatan yang sama, Pj Bupati Sorong juga menyerahkan SK pensium kepada ASN yang telah memasuki purnabakti. Selain itu Pj Bupati Sorong, Edison Siagian juga menyerahkan santunan jaminan kematian kepada ahli waris dari 2 ASN Pemkab Sorong, yakni Karlos Kalasuat (Korpri Kabupaten Sorong, ASN Baperlitbang) dan Mujakir Abas (Korpri Kabupaten Sorong, ASN Badan Kesbangpol) dengan santunan masing-masing Rp 42.000.000.

 Dalam suasana yang ramai, dimana peserta upacara dengan pakain adat  tampak antusias untuk berfoto bersama. Rangkaian peringatan HUT Kabupaten Sorong ke-57 diakhiri dengan pose bersama Pj Bupati bersama pejabat Forkopimda dan jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Sorong.  (ams)

Loading

Tentang Penulis