Flag Counter
3 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Webinar Sesi-4 Prodi PGMI, Libatkan Pemateri Luar Kampus

Liflet Webinar PGMI
Liflet Webinar PGMI Seri-4

Untuk ke Empat kalinya, program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Sorong menggelar webinar penulisan karya tulis ilmiah bagi mahasiswa. Seperti biasanya webinar ini diadakan daring sekali dalam sepekan. Pada sesi ke Empat ini, topik yang diangkat adalah metode penelitian dan teknik analisis data. Tak tanggung-tanggung pemateri yang dilibatkan sebagai pembicara pada sesi ini adalah lulusan magister dari Flinders University, Australia yang sekarang sedang mengajar di Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Sorong

Diskusi ini Diwali dengan pengantar dari ketua program studi PGMI. Dalam pengantarnya Rusdin, M.Si, menjelaskan bahwa pada sesi ini sengaja melibatkan pemateri dari luar kampus untuk memberikan kesan berbeda pada peserta, juga untuk memberikan kajian materi dari sumber yang beda pula guna memperkaya keilmuan mahasiswa. Ia juga menekankan bahwa kegiatan ini akan terus berlangsung guna membekali mahasiswa IAIN Sorong dalam menyelesaikan studinya.

Pembahasan topik materi berlangsung santai dengan penjelasan yang jelas dan terstruktur. Dalam materinya pembicara menguraikan bahwa dimungkinkan ada Tiga teknik analisis data yang berkesinambungan dengan metode penelitian, diantaranya penelitian kualitatif yang bisa ditandai dengan datanya yang non numerik, penelitian kuantitatif ditandai dengan data numerik dan mix method yang merupakan paduan dari keduanya. Untuk teknik analisisnya, maka kembali pada aturan masing-masing baik dengan melalui penyelesaikan deskriptif maupun dengan uji statistik.

Dalam kesimpulannya, pembicara memberikan motivasi bahwa siapapun harus bersemangat melakukan penelitian, menjadi peneliti adalah kesibukan yang baik sebab kita berupaya dalam menyelesaikan masalah yang ada disekita kita.

Diskusi ini dihadiri oleh sebagian besar mahasiswa semester akhir dan beberapa mahasiswa yang sedang kuliah di semester Dua dan Empat yang ingin belajar untuk menjadi peneliti bahkan pesertanya ada yang sedang belajar di beberapa kampus di Sulawesi dan Jawa. Yang berbeda dari sesi ini adalah turut hadir beberapa guru dari beberapa sekolah di kota sorong, alumni IAIN Sorong serta  dosen IAIN Sorong yang bersemangat menunjukan minatnya dalam diskusi metode penelitian. Webinar ini berlangsung selama 90 menit hingga akhirnya selesai pada pukul 11.30 WIT. (Rbd)

Tentang Penulis