Flag Counter
13 June 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

HAB Kemenag ke-78, Menteri Agama Ingatkan Netralitas ASN dan Layan Umat dengan Panggilan Hati

Rektor IAIN Sorong, Prof Dr Hamzah, M.Ag saat bertindak selaku Inspektur Upacara memperingati Hari Amal Bhakti Kementeriam Agama RI ke-78 di Kampus IAIN Sorong. (ams/KitorangNews)2. Rektor IAIN Sorong Prof Dr Hamzah, M.Ag menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba. (ams/KitorangNews)
Ketua Panitia Peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI ke-78 Anwar Darwis, SE M.Pd (ams/KitorangNews)
Pose bersama jajaran IAIN Sorong usai apel memperingati HAB Kemenag RI ke-78. (ams/KitorangNews)

SORONG, KitorangNews.com – Memasuki tahun 2024 sebagai tahun politik, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong Prof Dr Hamzah, M.Ag mengatakan aparatur sipil negara (ASN) yang bekerja untuk kepentingan negara dituntut untuk menempatkan diri sebagai ASN yang netral, tidak memihak kepada kandidat manapun juga yang akan bertarung dalam Pemilu 2024.

Dalam hal ini, Prof Hamzah menegaskan, netralitas ASN itu ditunjukkan dalam perilaku sosial, namun saat dibilik suara, ASN tentunya mempunyai hak untuk menentukan siapa yang akan dipilih. “Bahwa ASN punya hak politik, punya pilihan politik secara individual,tapi dalam kehidupan sosial ASN harus netral. 

Nah ini yang menjadi sikap dan pandangan yang harus diemban oleh ASN pada tahun politik ini. Jika ini dilakukan maka stabilitas sebagai ASN, stabIlitas debagai penyangga kepentingan nasional dan stabilitas sosial itu bisa terwujud. Saya kira itu yang menjadi harapan kita semua,”ujar Prof Hamzah yang ditemui usai memimpin apel peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI Ke-78 di Kampus IAIN Sorong.

Netralitas ASN ini disampaikan oleh Rektor IAIN Sorong menyambung amanat Menteri Agama RI dalam peringatan HAB Kementerian Agama ke-78 yang meminta kepada ASN Kementerian Agama agar di tahun politik untuk membantu mencipatkan suasana kondusif di tengah masyarakat. 

Dikatakan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tahun 2024 kita akan dihadapkan pada peristiwa politik yakni Pemilihan Umum. Agenda politk ini adalah hal yang lumrah dan merupakan agenda kita semua sebagai warga negara.

“Dalam kesempatan ini saya mengajak untuk senantiasa menjaga diri, keluarga dan masyarakat sekitar. Bagi ASN Kementerian Agama, jagalah netralitas sesuai ketentuan perundangan,”pesan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Rektor IAIN Sorong Prof Dr Hamzah, M.Ag.

Lebih lanjut menteri agama juga mengajak kepada seluruh jajaran Kementerian Agama untuk mengawal Pemilu 2024 dari potensi penggunaan politik identitas, terutama identitas keagamaan. 

“Kampanyekan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan politik identitas karena madharatnya sangat besar dan dapat berujung pada disintegrasi bangsa. Jadikan pemilihan umum sebagai agenda yang penuh dengan riang gembira dan suka cita,”pesan Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam sambutannya , Menag Yagut Cholil Qoumas juga berpesan kepada jajaran Kementerian Agama untuk bekerja keras melaksanakan berbagai program regular dan tujuh program prioritas Kementerian Agama. 

Penguatan moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, kemandirian pesantren, Cyber Islamic University dan Religiousity Index, Tahun Kerukunan Umat Beragama adalah ikhitiar dalam memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat.

“Saya mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan kita kepada seluruh umat beragama,”ujar Menag seperti yang disampaikan oleh Rektor IAIN Prof Dr Hamzah, M.Ag.

Sesuai tema “Indonesia Hebat Bersama Umat” bermakna bahwa kita harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat. Wujud dari membersamai umat adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama, “Oleh karena itu, mari kita wujudkan birokrasi yang melayani. 

Kita layani umat dengan senang hati, riang gembira dan penuh pengabdian. Jadikan pelayanan umat ini sebagai “panggilan hati”, bukan semata kewajiban birokrasi. Jika pelayanan umat ini dilandasi dengan panggilan hati, maka saya yakin dan percaya akan berwujud birokrasi yang inklusif, transparan dan berdampak. 

Kita akan betul-betul bersama umat yang berujung pada Indonesia Hebat,”ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Rangkaian apel peringatan HAB Kementerian Agama RI ke-78 yang mengusung tema “Indonesia Hebat Bersama Umat” di kampus IAIN Sorong dengan Inspektur Upacara Rektor IAIN Sorong, Prof Dr Hamzah, M.Ag berlangsung khidmat. 

Usai apel, dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang kegiatan lomba yang digelar dalam rangka memperingati HAB Kementerian Agama Ke-78. Usai apel dilanjutkan dengan acara ramah tamah yang diikuti pimpinan, dekan, para dosen dan segenap jajaran IAIN Sorong.

Dalam acara ramah tamah , Rektor IAIN Sorong Prof Hamzah menekankan tentang netralitas ASN dalam kehidupan sosial dan di bilik suara. Yang menarik rangkaian acara ramah tamah bertabur pantun. 

Mulai Rektor, Wakil Rektor I Dr Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pdi , Direktur Pasca Sarjana Dr Indria Nur, M.Pd.I, Dekan Fakultas Syariah dan Dakwah Dr Bambang Sunatar, SE MM, Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr Surahman Amin, Lc.MA semunya mengakhiri sambutan singkatnya dengan pantun bernada serius dan jenaka.

Sementara Ketua Senat Dr Hj Hasbiah, S.Sos MM yang mengaku tidak bisa berpantun dalam sambutannya menekankan pentingnya leadership, komunikasi dan kolaborasi dalam memajukan kampus hijau IAIN Sorong. 

Acara ramah tamah memperingati HAB Kementerian Agama ke-78 juga dihadir Ketua Moderasi Beragama IAIN Sorong, Pdt Obed Nego Maury, S. Th. M.Th yang memberikan semangat bagi jajaran Kementerian Agama dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

Ketua Panitia Anwar Darwis, SE, M.Pd mengatakan kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati HUT HAB ke-78, selain melaksanakan apel, juga digelar beberapa kegiatan lomba yang bertajuk gebyar HAB Kemenag RI ke-78. 

Kegiatan olah raga yang digelar seperti lomba gawang mini, badminton putera puteri dan sepak takrauw. Selain mahasiswa, sejumlah dosen juga turut serta dalam kegiatan lomba memperingati HAB Kemenag RI Ke-78.

Menanyakan kesan selama kegiatan berlangsung, Anwar Darwis yang sehari-hari Kepala Bagian Umum dan Layanan Akademik IAIN Sorong mengatakan, semua kegiatan lomba diikuti antusias oleh peserta lomba, khususnya para mahasiswa. 

Setelah lepas dari pandemi Covid-19, Anwar Darwis menilai eforia dari mahasiswa dalam kegiatan memperingati HAB Kemenag RI ke-78 tahun ini lebih terasa. 

“Karena tahun-tahun sebelumnya kan hanya ada upacara saja selesai. Selain itu, acara ramah tamah ini juga baru pertama kita laksanakan setelah lepas dari pandemi Covid,”ujar Anwar Darwis.

Adapun yang menjuari kegiatan lomba memperingati HAB Kemenag RI ke-78 yang berlangsung di lingkup intern IAIN Sorong seperti untuk badminton ganda putera juara I diraih Ansar dan Noval, Juara II Sidek dan Dr Fardan, Badminton Ganda Puteri juara I Naimatun dan Rheina, juara II Rachmadina dan Manda. Juara tenis meja tunggal putera juara I diraih Dr Fardan dan juara II Alga. (ams)

Tentang Penulis