Flag Counter
15 June 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Tingkatan Pengayaan Bahasa, UPT Bahasa IAIN Sorong Gelar Kursus Gratis Bahasa Arab dan Inggris

Mahasiswa yang mengikuti kursus gratis Bahasa Arab dan Inggris yang digelar UPT Bahasa IAIN Sorong. (ist)
Mahasiswa yang mengikuti kursus gratis Bahasa Arab dan Inggris yang digelar UPT Bahasa IAIN Sorong. (ist)

SORONG, kitorangnews.com – Guna membekali para mahasiswa pada materi perkuliahan berbahasa asing, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong menggelar matrikulasi Bahasa Arab dan Bahasa Inggris bagi mahasiswa baru yang berlangsung 20 November-9 Desember 2023 lalu.

Kepala UPT Bahasa IAIN Sorong, Misnariah Idrus, M. A mengatakan, kegiatan matrikulasi ini merupakan kegiatan pelatihan berupa kursus gratis yang digelar di Laboratorium Bahasa IAIN Sorong dan disambut antusias para mahasiswa. Total peserta berjumlah 240 orang.

“Dalam kegiatan ini mahasiswa dapat kursus gratis, untuk Bahasa Arab ditujukan kepada mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) dan Pendidikan Agama Islam (PAI) sedangkan Bahasa Inggris ditujukan ke Prodi lainnya, Tadris Bahasa Inggris, Tadris IPA, MPI, Hukum Keluarga, Ekonomi Syariah dan Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam,”terang Misnariah Idrus.

Kursus gratis yang berlangsung di luar jam kuliah para mahasiswa menghadirkan pengajar yang merupakan alumni IAIN Sorong yang kompeten. “Untuk tenaga pengajar adalah alumni IAIN Sorong yang telah lolos seleksi admnistrasi, interview, microteaching dan teaching training. Ada 1 orang pengajar Bahasa Arab dan 3 orang pengajar Bahasa Inggris,”tandas Misnariah. 

Adapun materi yang diajarkan meliputi tata bahasa, menyimak, berbicara dan membaca.

Terkait dengan kegiatan kursus gratis ini, dikatakan oleh Misnariah, IAIN Sorong sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam di Indonesia perlu terus berinovasi untuk tetap relevan dan berkembang dengan pengayaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai bagian integral dari kurikulum akan memperkuat posisi IAIN Sorong sebagai pusat pendidikan unggul yang menghasilkan lulusan yang tidak hanya menguasai ilmu keislaman, tetap juga memiliki daya saing global.

Lanjut dikatakan, pengayaan bahasa ini tidak terlepas dari kebutuhan pemahaman Keislaman yang mendalam.

 “Bahasa Arab merupakan bahasa Al- Qur’an dan Hadis dan kemampuan memahami dan menguasai Bahasa Arab akan membuka pintu pemahaman yang lebih dalam terhadap Islam. Selain itu keahlian dalam Bahasa Inggris memungkinkan akses terhadap pemikiran dan literatur Islam yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa tersebut,”terang Misnariah Idrus.

Ia berharap pengayaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris bagi mahasiswa baru IAIN Sorong pada akhrnya dapat menciptakan lulusan yang berdaya saing tinggi, memiliki perspektif global dan mampu berkontribusi dalam pembangunan masyarakat dan dunia.

Dikatakan oleh Misnariah Idrus, setelah mengikuti kursus gratis, peserta sudah mampu memperkenalkan diri menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dan melakukan percakapan sederhana.(ams)

Tentang Penulis