Flag Counter
21 July 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Rektor IAIN Sorong Pacu Semangat Mahasiswa untuk Berkreasi** Pemenang Lomba Konten Kreator Branding Kampus Terima Hadiah

Rektor IAIN Sorong Prof Dr Hamzah, M.Ag menyerahkan hadiah kepada juara I lomba konten kreator mahasiswa yang diraih Samran dan Vivi Sulistiawati. (KitorangNews)
Rektor IAIN Sorong Prof Dr Hamzah, M.Ag menyerahkan buku hasil karyanya kepada Dewan Juri, Leonardi Marko, pimpinan Bakarya Production. (KitorangNews)
Foto bersama usai penyerahan hadiah kapada pemenang lomba. (KitorangNews)

SORONG, KitorangNews – Lomba konten kreator video branding kampus yang digelar Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong didukung Bakarya Production yang digelar sejak Desember 2023 lalu menghasilkan karya terbaik dari mahasiswa IAIN Sorong.

Pengumuman yang dirangkai dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba konten kreator berlangsung Jumat (22/2) berlangsung di Aula Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong.

Rektor IAIN Sorong Prof Dr Hamzah, M.Ag dalam sambutannya mengatakan, untuk menjadi kreator butuh persiapan yang baik. Dalam menghasilkan kreasi, butuh adanya kegigihan, kecerdasan, emosional, dan juga ada perasaan .

“Menjadi kreator ada daya hayal, daya visi , ini semua hrs diasah kemudian ada ketrampilan untuk menuangkannya di media,”ujar Prof Hamzah.

Prof Hamzah juga memberikan semangat kepada para peserta yang belum meraih juara untuk terus mengasah kemampuan yang dimiliki dengan sering mengikuti kegiatan lomba.

Untuk menjadi pemenang dalam kegiatan lomba, butuh waktu. Biasanya setelah ikut berkali-kali, maka diyakini bisa meraih juara. 

Lebih lanjut Rektor juga mengatakan, saat ini begitu banyak media yang bertebaran di beranda media sosial, tapi pada umumnya hanya menjadi konsumen, tidak menjadi produsen. Karena itu diharapkan ada transformasi dari konsumen menjadi produsen.

Kepada panitia khususnya UPT TIPD yang memprakarsai kegiatan lomba konten kreator branding kampus ini, Rektor IAIN Sorong menyampaikan terima kasih dan berharap dapat menyelenggarakan kegiatan yang sama dengan jumlah peserta yang lebih banyak lagi.

“ Saya berharap berikutnya pesertanya membludak, kita ingin ke depan pesertanya paling kurang 500 orang , tapi dibuat tahapan ,”pinta Prof Hamzah.

Sebelumnya, Kepala UPT TIPD Erwinestri Hanidar Nur Afifi, M.Pd mengatakan, dalam kegiatan lomba ini, peserta menggunakan peralatan yang sederhana, yakni merekam video dari HP android. Meski demikian, peserta antusias dalam berkreasi, berinovasi dan dapat menunjukkan karya dan skill mereka.

Sementara dewan juri Leoanardi Marko dan Awaludin Nurahmad dalam sambutannya mengatakan umumnya peserta kurang memperhatikan syarat lomba.Ada peserta yang asal kirim video.

Karena tidak memenuhi syarat sehingga belum dikagetorikan sebagai pemenang. Ia berharap lomba konten kreator dapat digelar secara rutin dengan skala yang lebih besar.

Usai rangkaian sambutan, pemenang lomba pun diumumkan dan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah.

Seperti yang dikatakan oleh panitia lomba, Eva Rubawati, M.Kom, dari sekitar 80 peserta yang mengirimkan video kepada panitia, dan sekitar 30 video yang masuk nominasi.

Adapun hasil penilaian dewan juri yang terdiri dari Leonardi Marko dan Awaludin Nurahmad, akhirnya juara I diraih Samran Syaharuddin Pitambara dan Vivi Shulistiawati , yang mendapatkan hadiah berupa sertifikat dan uang tunai Rp 2.500.000.

Sementara juara II lomba konten kreator diraih Muhammad Arrofi Hidayat dan Rachmadinah Mawaddah K dengan hadiah uang tunai Rp 1.750.000. Selanjutnya juara III diraih M. Sihran Hamid dan Nur Kholifah Ashanafiah dengan hadiah uang tunai Rp 1.250.000.

Untuk juara harapan 1 sampai juara harapan 5, masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai Rp 500.000. 

Juara harapan I diraih Aslam Mahaguna dan Meilina Puspitasari, harapan II diraih Farhan Hamid dan Rina Angraini, juara harapan III diraih Maulana Firmansyah dan Annisa Wuth P Laila, juara harapan IV diraih Nirfadila Nadiya dan Muhammad Akfaji dna juara harapan V diraih Yusril Arfan Sanaky dan Muhammad Rafif Arrofu.

Disela penyerahan hadiah kepada pemenang lomba konten kreator, Rektor IAIN Sorong Prof Hamzah menyerahkan buku hasil karyanya kepada dewan juri. (ams)

Tentang Penulis