Flag Counter
19 May 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Dr Suparto Iribaram Resmi Jabat Rektor IAIN Sorong **Gantikan Prof Dr Hamzah, M.Ag yang Telah Berakhir Masa Jabatannya

Menteri Agama saat melantik Rektor IAIN Sorong Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA dan Rektor IAIN Takengon Prof Dr H. Abu Rokhmad, M.Ag di Kantor Kemenag RI Jl Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta, Senin (29/4/2024). (ist Kemenag)

SORONG, KitorangNews.com – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas , Senin (29/04/2024) melantik Dr Suparto Iribaram, S.Sos, M.A sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong. Selain melantik Suparto Iribaram, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga melantik Prof. Dr. Ridwan, M.C.L sebagai Rektor IAIN Takengon.

Hal ini diketahui dari link berita website Kemenag RI yang diterima Humas IAIN Sorong. Pelantikan dilakukan di Kantor Kementerian Agama Jl. Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta diawali dengan pembacaan Keputusan Menteri Agama, pengambilan sumpah jabatan oleh Manteri Agama, penandatanganan berita acara sumpah jabatan, selanjutnya kata pelantikan Menteri Agama.

Tampil sebagai saksi pelantikan, Sekjen Kemenag Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.T.P., M.T, dan Staf Ahli Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia Kemenag juga sebagai Plt. Dirjen Pendidikan Islam Prof. Dr. H. Abu Rokhmad, M.Ag. Hadir dalam acara penting ini, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, sejumlah pejabat Eselon 1, Staf Khusus Menteri Agama, Tenaga Ahli Menteri Agama dan sejumlah pejabat Eselon II Kemenag RI.

Dari kabar yang diterima jurnalis IAIN, sebelumnya memang telah tersebar bahwa yang akan dilantik sebagai Rektor IAIN Sorong menggantikan Prof Dr Hamzah, M.Ag yang telah berakhir masa jabatannya adalah Dr Suparto Iribaram. Pelantikan awalnya dikabarkan berlangsung Jumat (26/4) namun ternyata dilaksanakan pada hari ini Senin, (29/4).

Sebelumnya bursa pencalonan Rektor IAIN Sorong masa jabatani 2024-2028 yang diikuti 6 kandidat (4 kandidat rektor dari intern IAIN Sorong, 2 kandidat dari luar IAIN Sorong) kerap diperbincangkan di lingkup IAIN Sorong.

Keenam kandidat Rektor IAIN tersebut yakni Dr Muhammad Rusdi Rasyid,M.Pd.I (Wakil Rektor II IAIN Sorong), Dr Surahman Amin, Lc MA (Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong, Dr Indria Nur, M.Pd (Direktur Pascasarjana IAIN Sorong), Dr Sukman S, S.Ag M.Pd (Wakil Ketua Senat IAIN Sorong), dan dua calon rektor dari luar IAIN Sorong yakni Dr Hasbi Siddik dan Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA (IAIN Jayapura).

Atas dilantiknya orang pertama di kampus IAIN Sorong, ,segenap civitas akademika IAIN Sorong mengucapkan selama datang rektor baru IAIN Sorong, Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA.

“Ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Prof Dr Hamzah, M.Ag yang telah mengabdikan diri selama 12 tahun yang dimulai dengan Ketua I STAIN Sorong, kemudian menjadi Ketua STAIN Sorong dan berhasil merubah alih bentuk menjadi IAIN Sorong pada tahun 2020 sehingga dilantik menjadi Rektor IAIN Sorong pada tanggal 1 April 2020 sampai 2024,”ujar Wakil Rektor II Hasbullah, M.Pd, P.hD saat dimintai tanggapannya atas pelantikan rektor baru IAIN Sorong.

Senin Sore (29/4), Prof Hamzah yang telah berakhir masa jabatannya pada 1 April lalu masih melaksanakan tugasnya sebagai narasumber pada kegiatan “Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama Angkatan X Bagi ASN Kantor Kementerian Agama Kota Sorong Tahun 2024.

Pada kegiatan yang sama,diagendakan Rektor IAIN Sorong akan kembali diundang sebagai narasumber pada Rabu (1/5) dengan materi bertajuk “Konsep Moderasi Beragama Kementerian Agama”.

Saat tampil sebagai narasumber pada Senin (29/4) , Prof Hamzah sempat mengatakan apakah hari Rabu lusa ia yang akan hadir atau rektor baru. Dan Senin pagi (29/4), Prof Hamzah juga masih memimpin kegiatan rutin di kampus yakni pembinaan keagamaan yang diikuti pegawai di jajaran IAIN Sorong. (ams)

  1.  

Tentang Penulis