Flag Counter
10 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Meningkatkan Nilai Akreditasi, Fakultas Tarbiyah Menggelar Seminar Internasional

Keterangan foto: Flyer kegiatan Seminar Internasional Fakultas Tarbiyah AIIN Sorong

Sorong, kitorangnews.com – Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong menggelar Seminar Internasional dengan tema Interaktive and Transformative Online Learning. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai salah satu cara untuk mendongkrak nilai akreditasi fakultas maupun program studi (prodi). Kegiatan yang diselenggarakan secara daring ini berlangsung lancar dan interaktif. Pelaksanaannya, tadi pagi, Rabu (10/11/2021).

Di dalam kegiatan tersebut hadir beberapa akademisi profesional sebagai narasumber. Di antaranya, Prof. Dr. Peter Waterworth, Ph.D. (Deakin University Australia and Visiting Professor at Rolet Rajabhat University, Thailand), Prof. Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum., M.A. (Guru Besar Bidang Teknologi Pendidikan UIN Alauddin Makassar), Prof. Dr. H. Muhammad, M.Pd. (Guru Besar Bidang Teknologi Pendidikan UIN Mataram), dan Drs. Hasbullah, Ph.D (Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong).

Dengan adanya para narasumber di atas, bisa menarik animo peserta. Berdasarkan informasi yang diterima oleh kitorangnews.com, bahwa peserta Seminar Internasional tersebut tembus di angka 475 orang.

Pelaksanaan Seminar Internasional tersebut tentu memiliki maksud dan tujuan, menurut keterangan Hasbullah, selaku Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong sekaligus sebagai ketua pelaksana kegiatan mengungkapkan, bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk memperkenalkan Fakultas Tarbiyah agar bisa go internasional, dan juga sebagai wadah bagi mahasiswa dan dosen IAIN Sorong untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru.

“Tujuan dari pelaksanaan International Seminar ini adalah, 1. Untuk memperkenalkan Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong ke kancah yang lebih luas, baik secara nasional maupun internasional. 2. Pelaksanaan International Seminar ini adalah sebagai salah satu wadah bagi mahasiswa kita dan para dosen untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru atau untuk mengasah ilmu yang sudah diketahui melalui share pengalaman” Tulis Hasbullah saat dimintai keterangannya melalui whatsaap.

Pemilihan tema tentang Online Learning ini juga tidak terlepas dari visi fakultas dalam mewujudkan kampus menjadi kampus berbasis digital.

“Pemilihan tema sentral dalam international Seminar ini adalah interactive and transformative online learning yang bertujuan untuk mendorong eksistensi Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong yang sudah siap menjadikan kampus digital” terang Hasbullah.

Menghadirkan narasumber luar negeri dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh kampus bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap nilai akreditasi. Di samping itu, diperlukan jalinan silaturahim dengan mereka.

“Untuk menghadirkan pembicara dari luar negeri itu memang membutuhkan kepercayaan yang mungkin saja terbangun secara individu atau secara kelembagaan, dan ini akan berdampak terhadap nilai akreditasi” lanjut Hasbullah.

Ke depan, dengan adanya kegiatan-kegiatan seminar yang cakupannya internasional seperti ini diharapkan bisa menjadi batu loncatan untuk mengadakan program seperti student exchange dan mendorong mahasiswa IAIN Sorong untuk mengambil bagian dalam program tersebut.

“Sudah ada rancangan ke arah sana, student exchange, English Short Course di luar negeri, dan lain-lain” tutup Hasbullah.

(LN)

Tentang Penulis