Flag Counter
10 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Keterangan FotoTangkapan layar Rektor IAIN Sorong, Hamzah Khaeriyah saat memberikan ceramah

Sorong. kitorangnews.com – Syiar Ramadhan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong berkolaborasi dengan Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Al-Hakim mengundang Hamzah Khaeriyah, Rektor IAIN Sorong sebagai penceramah pada kegiatan peringatan malam Nuzulul Quran 1443 H / 2022 M di Masjid Al-Hakim, KM 12, Kota Sorong, pada Senin (18/4/2022).

Oleh panitia penyelenggara, kegiatan peringatan Nuzulul Quran disiarkan secara live pula melalui kanal facebook Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong dengan durasi lebih kurang satu jam.

Turut hadir pula Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong, Kepala Pusat Studi Pengembangan Dakwah dan Masyarakat Digital IAIN Sorong, Ketua BKM Masjid Al-Hakim dan Ketua Majelis Ta’lim Al-Hakim.

Rektor IAIN Sorong, Hamzah Khaeriyah dalam ceramahnya mengajak para peserta yang hadir baik secara offline di Masjid Al-Hakim maupun yang ikut menyimak secara live di Facebook agar menjadikan peringatan Nuzulul Quran sebagai momentum untuk kembali kepada Al Quran.

Dalam cerahmahnya, Hamzah Khaeriyah menyampaikan bahwa Al Quran adalah obat. Sehingga dirinya mengajak kepada seluruh hadirin agar menjadikan Al Quran sebagai kekuatan, energi dan pendorong dalam aktifitas kehidupan sehari-hari.

“Ada orang yang menjadikan Al Quran sebagai obat, obat ini menjadi penting karena memberikan kekuatan kepada kita ketika seluruh manusia mengatakan tidak bisa. Namun karena Al Quran merupakan obat maka kita akan mengatakan bisa.” Unggahnya.

Menurutnya, kebanyakan saat ini masyarakat Islam memanfaatkan Al Quran pada saat ada orang yang tidak sehat, meninggal  dunia dan lainnya sebagainya namun tatkala di waktu yang normal dan sehat maka Al Quran kemudian diabaikan begitu saja.

Lebih lanjut, ia pun mengingatkan kepada para jamaah bahwa penyakit yang tidak dapat disembuhkan secara medis adalah penyakit spritual. Oleh karenanya dalam ceramahnya, Hamzah Khaeriyah mengajak kepada hadirin agar menjadikan Al Quran sebagai bacaan yang harus senantiasa dibaca setiap hari sebab Al Quran merupakan penyembuh dan penawar dari penyakit spritual tersebut.

Pada akhir ceramahnya, Hamzah Khaeriyah menyampaikan bahwa tatkala Al Quran dijadikan sebagai obat maka di samping menjadi kekuatan maka ia akan bertindak sebagai imam, petunjuk dan teman di dalam hati orang yang senantiasa membacanya.

“Proses turunnya ke bumi telah selesai, yang belum selesai adalah turunnya Al Quran ke dalam hati kita. Kita jadikan Al Quran sebagai imam, petunjuk dan teman di dalam diri kita melalui cara yaitu menempatkan Al Quran di tempat terhormat di dalam hati kita.” Tuturnya.

Rangkaian kegiatan peringatan Nuzulul Quran yang diadakan oleh Syiar Ramadhan Fakultas Tarbiyah dan BKM Al-Hakim ditutup dengan kuis dan pemberian hadiah.

Ketua Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Al Hakim, menyampaikan terimakasih kepada Rektor IAIN Sorong yang telah menyampaikan hikmah Nuzul Quran maupun kepada para hadirin yang berkenan hadir baik secara langsung di Masjid Al Hakim maupun yang ikut menyimak melalui streaming Facebook.

Tentang Penulis