Flag Counter
10 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Keterangan Foto : Tangkapan layar Rektor IAIN Sorong, Hamzah Khaeriyah mengampanyekan perubahan iklim / climate change di CWMNews.

Sorong. kitorangnews.com – Dilansir melalui CWMNews, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Hamzah Khaeriyah mengajak tokoh agama, tokoh masyarakat, pemerintah daerah dan pemerintah provinsi dan para pelaku bisnis untuk ikut serta dalam mengampanyekan perubahan iklim, pada Senin (18/4/2022).

Menurutnya, untu menyukseskan kampanye pengendalian serta penanggulangan perubahan iklim sangat diperlukan peran dan kerjasama semua komponen masyarakat.

Lebih lanjut, ia pun menuturkan bahwa dampak krisis iklim seperti bencana alam, cuaca ekstrim, krisis air dan pangan serta punahnya keanekaragaman hayati di muka bumi hakikatnya merupakan krisis kemanusiaan.

Ia pun mengajak seluruh komponen masyarakat dan para pemangku kepentingan untuk berkolaborasi di dalam mengendalikan perubahan iklim melalui cara memberikan kesadaran kepada masyarakat agar ikut serta menyelamatkan bumi dari krisis iklim.

Sebagai bentuk aksi nyata untuk mendukung pengendalian perubahan iklim tersebut, Hamzah Khaeriyah mengajak masyarakat agar dapat menanam pohon di setiap rumah minimal lima pohon sebagai bentuk kesadaran komprehensif.

“Dunia kita semakin hari semakin kurang menghasilkan oksigen yang disebabkan oleh pertambangan, industrisasi dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sangat bijak kalau setiap rumah tangga memiliki kesadaran seperti menanam lima pohon. Kesadaran ini saya kira harus ditangkap secara komprehensif oleh seluruh masyarakat.” Ungkapnya.

Hamzah Khaeriyah pun menyampaikan bahwa upaya penanggulangan krisis iklim selain menggalakkan penanaman pohon, juga dapat ditempuh dengan cara mengefisienkan penggunaan listrik, kendaraan pribadi, mengurangi penggunaan botol kemasan serta menerapkan pola reduce, reuse dan recycle.

Ajakan kampanye pengendalian perubahan iklim oleh Rektor IAIN Sorong merupakan langkah ikhtiar dalam rangka penurunan emisi gas rumah kaca sehingga mampu mengontrol terjadinya pemanasan global yang berlebihan sehingga mengurangi dampak dari perubahan iklim / climate change.

Tentang Penulis