Flag Counter
13 July 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Pascasarjana IAIN Sorong Bersama MUI dan BKMT Raja Ampat Melakukan Pengabdian Masyarakat di Tiga Tempat

Keterangan foto: Sesi foto bersama sesaat selepas acara selesai dilaksanakan

Sorong, kitorangnews.com – Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Raja Ampat tidak melepas diri dari fungsinya sebagai pembina sekaligus pembimbing umat. Melalui surat undangan dengan nomor 011/MUI_RA/VI/2022, MUI Raja Ampat mengundang Direktur dan Sekretaris Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana IAIN Sorong untuk bersama-sama melaksanakan pembinaan keumatan.

Indria Nur selaku Direktur Pascasarjana IAIN Sorong, merespons niatan mulia dari pengurus MUI Raja Ampat tersebut, sekaligus sebagai wujud penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selain bersama MUI, Badan Kontak Majlis Taklim (BKMT) dan Kohati Raja Ampat juga turut serta menyukseskan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di tiga tempat di wilayah Kabupaten Raja Ampat, dengan mengusung tema “Merangkul Saudara Sekampung Membangun Kecerdasan Spritual”.

Tiga tempat yang dimaksud yaitu Kampung Araway, Beo, dan Lopintol. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini atau yang diistilahkan oleh panitia penyelenggara dengan nama Safarai Dakwah dan Silaturahim dilaksanakan selama dua hari, yakni mulai dari tanggal 16 sampai dengan 17 Juni 2022.

Kegiatan ini disambut baik oleh warga kampung. Terlihat dari kuantitas kehadiran masyarakat saat kegiatan dilaksanakan.

Adapun bentuk program pengabdian masyarakat yang dimaksud adalah pembimbingan pengurusan jenazah, tausiah keagamaan, dan sosialisasi kampus IAIN Sorong kepada warga masyarakat.

Hj. Ratna Bondahara selaku Ketua BKMT, dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian instansi terkait terhadap warga muslim.

“Kegiatan ini kami laksanakan selama dua hari. Program ini kami laksanakan sebagai bentuk kepedulian kami kepada saudara-saudara muslimdi kampung ini. Kami datang tidak membawa uang, tapi kami datang membawa ilmu agama yang saat ini sangat dibutuhkan oleh warga kampung,” ungkap Hj. Ratna.

Di waktu yang sama, Ketua MUI Raja Ampat, Abu Bakar Loji, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Pascasarjana IAIN Sorong, karena telah mendukung dan bersedia sebagai pembina sekaligus pendamping dalam pelaksanaan program.

“Kegiatan ini merupakan program Komisi Perempuan, Remaja, dan Keluarga MUI Raja Ampat. Dan kami bersyukur serta berterima kasih dapat dibimbing dan didampingi oleh dosen kami dari Pascasarjana IAIN Sorong, yaitu Ibu Dr. Indria Nur, M.Pd.I. dan Dr. Fardan Abdillah Mansyur, M.Pd.I.,” ucap Ketua MUI.

Di sesi terakhir acara, Indria Nur, menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya program pengabdian. Ia juga merasa senang dapat berkolaborasi dalam melaksanakan syiar keagamaan di daerah Raja Ampat.

“Kami dari Pascasarjana IAIN Sorong sangat bersyukur dapat berkolaborasi dengan MUI, BKMT, dan Kohati Kabupaten Raja Ampat. Melalui kegiatan ini kita bisa berbagi ilmu dan menyiarkan dakwah Islam dengan baik,” ucapnya.

Direktur Pascasarjana juga tak lupa menyelipkan ajakan untuk menuntut ilmu di kampus IAIN Sorong. Bahkan ia memperkenalkan beberapa pengurus MUI, BKMT, dan Kohati adalah mahasiswa Pascasarjana IAIN Sorong.

*L/N

Loading

Tentang Penulis