Flag Counter
3 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Pramuka Racana Pinang Sirih IAIN Sorong Sukses Gelar Pembukaan Perkemahan Penerimaan Tamu Racana / PTR Angkatan 2022

Pembina Gugus Depan Fatanon Pangkalan IAIN Sorong, Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, SS., M.Pd.I. tengah memberikan sambutan pada kegiatan pembukaan Perkemahan Penerimaan Tamu Racana / PTR Gerakan Pramuka Racana Pinang Sirih Gudep Pangkalan IAIN Sorong Angkatan 2022, di depan halama Aula IAIN Sorong, Sabtu, 24 September 2022. (Kitorangnews/RR).

Sorongkitorangnews.com – Pembina Gugus Depan Fatanon Pangkalan IAIN Sorong, Kakak Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, SS., M.Pd.I. secara resmi membuka kegiatan Perkemahan Penerimaan Tamu Racana (PTR) Gerakan Pramuka Racana Pinang Sirih Gugus Depan Pangkalan IAIN Sorong yang ditandai dengan menancapkan Kapak ke Batang Pohon kepada para peserta, pada Sabtu (24/9/2022).

Keterangan Foto: Kakak Dr. M. Rusdi Rasyid, M.Pd.I. menancapkan Kapak ke Batang Pohon sebagai tanda dibukanya kegiatan Perkemahan PTR Gerakan Pramuka Racana Pinang Sirih Pangkalan IAIN Sorong.

Kegiatan ini terlaksana selama dua hari mulai dari tanggal 24 s/d 25 September 2022 di halaman Kampus IAIN Sorong. Adapun tema yang diangkat pada perkemahan ini adalah “Mencerdaskan Generasi Milineal Melalui Gerakan Pramuka”.

Selaku Pembina Gudep Fatanon Pangkalan IAIN Sorong, Kakak Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, SS., M.Pd.I. menyampaikan kepada para peserta, Gerakan Pramuka memiliki konsep kemanusiaan yang memandang akan adanya kesetaraan serta memiliki jiwa penolong.

“Pramuka di Kampus IAIN Sorong penting dilestarikan, mengingat Pramuka memiliki konsep kemanusiaan yang memandang kesetaraan manusia. Tanpa membeda-bedakan suku, etnis, agama, ras dan warna kulit. Pramuka memiliki jiwa penolong bagi sesama manusia yang tertimpa bencana serta memiliki program pemberdayaan dan pembinaan.” Ungkap Muhammad Rusdi Rasyid yang juga merupakan Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kelembagaan, Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Sorong.

Ia pun mengatakan kepada peserta, penting bagi Anggota Pramuka Racana Pinang Sirih untuk senantiasa menambah dan meningkatkan ketrampilan diri dalam berbagai hal dengan tujuan mempersiapkan kemampuan diri untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

Dalam sela-sela sambutannya, selaku Pembina, Kakak M. Rusdi Rasyid pun menguraikan makna simbol “Pinang Sirih” yang dijadikan nama pada Racana Gudep Fatanon Pangkalan IAIN Sorong.

“Pinang sebagai simbol kejantanan dan kesehatan pria. Adapun Sirih sebagai simbol wanita dan kesehatan. Pinang dan Sirih merupakan simbol tradisi dan budaya masyarakat Papua. Pinang dan Sirih sebagai simbol pasangan pria dan wanita dalam melanjutkan generasi kehidupan manusia.” Ungkapnya.

Peserta yang mengikuti kegiatan Perkemahan Penerimaan Tamu Racana / PTR Pinang Sirih Angkatan 2022 ini berjumlah 50 orang yang berasal dari berbagai program studi.

Turut hadir pula pada kegiatan pembukaan perkemahan, Kakak Dr. Indria Nur, M.Pd.I., Kakak Dr. Sudirman, M.HI., Kakak Agus Salim, M.Pd., Kakak Wati Irmawati, S.Pd.I., Kakak Irsyah Macap, Kakak Reza Novriawan dan Kakak Salim.

Kegiatan Pembukaan Perkemahan Penerimaan Tamu Racana/PTR Pinih Sirih berlangsung lancar dan tanpa terkendala apapun.

Kegiatan ditutup dengan doa dan sesi foto bersama serta dilanjutkan kegiatan ramah tamah antara Pembina, Panitia dan Pesetrta Tamu Racana Angkatan 2022.***

Keterangan Foto: Sesi foto bersama Pembina, Panitia dan Peserta PTR Gerakan Pramuka Gudep Pinang Sirih Pangkalan IAIN Sorong

Tentang Penulis