Flag Counter
26 February 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Mahasiswa KKNT Posko 8 Kampung Klasmelek-Kabupaten Sorong Tahun 2022 Sukses Gelar Seminar Program Kerja

Keterangan Foto: Dosen Pendamping, Mahasiswa KKNT IAIN Sorong foto bersama dengan Aparat Kampung Klasmelek sesaat setelah pelaksanaan kegiatan seminar program kerja. Bertempat di Balai Pertemuan Kampung, Selasa, 04 Oktober 2022 (Dokumentasi: Kitorangnews/RR).

Sorongkitorangnews.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKNT) Institut Agama Islam Negeri Sorong Posko 8 Kampung Klasmelek Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong sukses melaksanakan seminar program kerja, pada Selasa (04/10/2022) di Balai Pertemuan Kampung Klasmelek.

Tamu undangan yang hadir dalam seminar program kerja di antaranya adalah Kepala Kampung Klasmelek, Ketua RW dan Ketua-Ketua RT, Tim Penggerak PKK Kampung Klasmelek, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda. Serta didampingi oleh Dua Dosen Pendamping KKNT Posko Klasmelek, Nur Faizah dan Ruslan Rasyid.

Saat ditemui oleh kontributor kitorangnews.com, Dosen Pendamping KKNT Posko Klasmelek, Nur Faizah dan Ruslan Rasyid menyampaikan, seminar program kerja tersebut bertujuan sebagai wadah silaturahmi perdana antara mahasiswa yang ber-KKN dengan masyarakat setempat sekaligus sharing program yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa selama lebih kurang dua bulan kedepan.

“Tentunya tujuan mahasiswa mengadakan kegiatan ini, pertama sebagai wadah silaturahmi perdana mereka dengan masyarakat setempat, kedua adalah di dalam diskusi tersebut mahasiswa dengan aparat kampung mendiskusikan apa kiranya program yang akan dilakukan oleh mahasiswa selama KKN.” Ungkap mereka berdua.

Lebih lanjut, Ruslan Rasyid pun berharap agar mahasiswa yang ditempatkan di Posko 8, Klasmelek agar senantiasa bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat sehingga program yang telah dirancang tersebut sukses terlaksana dan mampu memberikan dampak positif dalam pengembangan kampung serta SDM yang ada.

Kepala Kampung, Syarifudin memberikan apresiasi kepada para Mahasiswa KKNT IAIN Sorong Tahun 2022 yang ditempatkan di Kampung Klasmelek. Ia berharap agar mahasiswa yang mengabdi dapat memberikan pengaruh terhadap kemajuan kampung, ia pun berharap semoga program yang ada dapat terealisasi dan tuntas.

Menyambung hal tersebut, Ketua Posko VIII Kampung Klasmelek, Khoirul Anam, mengatakan, semoga kedatangan mereka dapat memberikan manfaat serta memberikan kesan bagi masyarakat setempat.

“Kami pun berharap, semoga kedatangan kami di kampung ini dapat memberikan manfaat dan mampu melanjutkan kesan-kesan baik dari para senior kami sebelumnya. Kami tentu berharap kepada masyarakat dapat ikut membantu agar seluruh program kami dapat direalisasikan dengan tepat waktu sebagaimana apa yang menjadi harapan masyarakat setempat.” Terangnya.

Program yang akan menjadi bidikan para mahasiswa posko 8, kampung Klasmelek ini di antaranya adalah:

  1. Penghijauan Kampung
  2. Seminar Literasi Ekonomi Syariah
  3. Seminar terkait Kekerasan Perempuan dan Anak
  4. Seminar Wawasan Kepemudaan
  5. Pengembangan BUMDES
  6. Program Penerangan Lampu Jalan Kampung
  7. Pengembangan Unit Pengumpul Zakat
  8. Pembuatan Taman Bermain buat TK

Adapun Mahasiswa KKNT Angkatan III Tahun 2022 yang ditempatkan di Kampung Klasmelek ini berjumlah tujuh mahasiswa, lima mahasiswa merupakan mahasiswa program studi Ekonomi Syariah di antaranya yaitu Khoirul Anam, Jumi Rahmawati Wali, Indro Mulyono, Eko Susianto dan Festi Riskiani Astuti. Adapun dua mahasiswa lainnya merupakan mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam yaitu Nurwahida Taufik dan Viana Langguhe.

Kegiatan seminar program kerja yang dimulai pukul 10.00 WIT s/d selesai berlangsung lancar dan tanpa terkendala apapun. Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama antara Dosen Pendamping, Mahasiswa KKNT dan Aparat Kampung Klasmelek.***

Loading

Tentang Penulis