Flag Counter
21 July 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Sivitas Akademika IAIN Sorong Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H bersama Anregurutta Prof. Faried Wadjedy.

Rektor IAIN Sorong, Dr. Hamzah Khaeriyah, M.Ag. (kanan) memberikan cinderamata kepada Anregurutta Prof. Dr. K.H. Faried Wadjedy, Lc., MA. (kiri) dengan didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sorong, H. Rofiul Amri, M.Pd.I., (batik hitam) dan Ketua Panitia Maulid/Sekretaris DDI Sorong Raya, H. M. Satir, M.Pd.I. (Dokumentasi: Kitorangnews.com/RR)

Sorongkitorangnews.com – Sivitas Akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad shallallahu ‘alaih wa sallam 1443 Hijriah bersama Al-‘Allamah Al-Mukarram Anregurutta Prof. Dr. K.H. Faried Wadjedy, Lc., MA., pada Minggu (9/10/2022) di Aula IAIN Sorong.

Suasana di dalam Aula IAIN Sorong penuh dengan hiasan warna warni telur yang ditancapkan di batang pisang serta puluhan ember yang berisikan aneka makanan seperti nasi, ikan, telur, ayam, kue dan makanan ringan lainnya.

Adapun tema yang diangkat oleh IAIN Sorong pada maulid Nabi Muhammad shallallahu ‘alaih wa sallam tahun ini adalah “Menebar Harmoni, Memperkuat Silaturahmi untuk Kemashlahatan dalam Mewujudkan Rahmatan lil Alamin”.

Dihadiri oleh Rektor IAIN Sorong, Dr. Hamzah Khaeriyah, M.Ag., Ka.Biro AUAK, Dr. H. Muhammad Arsyad Ambo Tuo, M.Ag., Wakil Rektor I, Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I., Dekan Fakultas Syariah & Dakwah dan Dekan Fakultas Tarbiyah serta para wakilnya, Kabag ULA, para Koordinator Program Studi, para Kepala Unit Satuan Kerja, Dosen dan Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa.

Turut hadir pula, tokoh-tokoh agama, adat, masyarakat serta beberapa Ketua BKM Masjid se-Kota Sorong serta dimeriahkan oleh Tim Hadrah yang merupakan gabungan dari mahasiswa lintas program studi.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Sorong, Dr. Hamzah Khaeriyah, M.Ag. turut menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Sivitas Akademika IAIN Sorong dan para tamu undangan yang telah menyempatkan hadir pada peringatan Maulid Nabi Muhammad saw. di lingkungan IAIN Sorong.

Ia pun berharap hikmah maulid yang nantinya akan disampaikan oleh Anregurutta Prof. Dr. K.H. Faried Wadjedy, Lc., MA. dapat dipetik dan diimplementasikan di dalam kehidupan sehari-hari, lebih khusus di lingkungan IAIN Sorong.

Berdasarkan informasi dari Ketua Panitia Pelaksana Maulid Nabi Muhammad saw., H. Muhammad Satir, M.Pd.I. menyampaikan pelaksanaan peringatan maulid Nabi Muhammad shallallahu ‘alaih wa sallam, IAIN Sorong menggandeng Pengurus Daerah DDI Sorong Raya dan BKM Masjid Ar-Raodah. Kedua elemen ini menurutnya merupakan mitra kampus dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Sementara itu, hikmah maulid dibawakan langsung oleh Al-‘Allamah Al-Mukarram Anregurutta Prof. Dr. K.H. Faried Wadjedy, Lc., MA., beliau merupakan Majelis Syuyukh Pengurus Besar Darud Da’wah wal Irsyad (PB DDI) yang sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren DDI Mangkoso, Kabupaten Barru. Sulawesi Selatan.

Dari pantauan kitorangnews.com, kegiatan maulid Nabi Muhammad saw. tersebut dimulai pukul 14.00 WIT, namun sebelumnya diawali dengan pembacaan kalam ilahi yang dibacakan oleh Dirfan Kahar, MA. selaku Dosen LB IAIN Sorong.

Al-‘Allamah Al-Mukarram Anregurutta Prof. Dr. K.H. Faried Wadjedy, Lc., MA. dalam ceramahnya menyampaikan pentingnya memperkuat silaturahmi dan menebar kasih sayang kepada siapa saja tanpa membeda-bedakan suku, ras maupun agama.

Ia pun menjelaskan bahwa dengan menjaga silaturahim mampu meluaskan rezeki dan memanjangkan umur. Dalam pandangannya, silaturahmi adalah ajaran Islam. Silaturahmi adalah salah satu bukti nyata menjaga hubungan antar sesama manusia.

Pada sela-sela ceramahnya, Anregurutta Prof. Faried Wadjedy, bercerita tentang perjuangan Anregurutta K.H. Ambo Dalle yang merupakan Pendiri Pondok Pesantren Mangkoso. Ia nuturkan bahwa dirinya sangat termotivasi dengan kisah perjuangan Ambo Dalle yang keluar masuk hutan untuk belajar agama dan menyiarkan agama Islam.

Selanjutnya, peringatan maulid ditutup dengan sesi foto bersama dan pembagian ember dan telur kepada para tamu undangan yang hadir.

Selepas kegiatan maulid, Anregurutta Prof. Dr. K.H. Faried Wadjedy, Lc., MA. diajak oleh panitia untuk mengunjungi lokasi pembangunan Masjid IAIN Sorong yang letaknya tidak jauh dari Aula IAIN Sorong, tepatnya di depan Asrama Ma’had Al-Jami’ah IAIN Sorong guna mendoakan agar pembangunan masjid segera rampung dan menjadi destinasi kaum muslimin di Kota Sorong***

Loading

Tentang Penulis