Flag Counter
15 June 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Dosen dan Mahasiswa KKNT Posko 18 IAIN Sorong Kolaborasi Lakukan Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Sosial, Ekonomi dan Keagamaan

Keterangan foto: Kolase foto kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis sosial, ekonomi dan keagamaan di Masjid Al-Azhar, Kota Sorong, pada Minggu 16 Oktober 2022. (Kitorangnews/RR).

Sorongkitorangnews.com – Di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Agama Islam Negeri Sorong, Dosen dan Mahasiswa KKNT Posko 18, Belakang Gor, Keluruhan Malawei, Kota Sorong sukses menggelar kegiatan kolaborasi pengabdian kepada masyarakat berbasis sosial, ekonomi dan keagamaan, pada Minggu (16/10/2022) di Masjid Al-Azhar, Belakang Gor, Kota Sorong.

Sumber: Kitorangnews.com/RR

Objek sasaran pengabdian kepada masyarakat kali ini adalah para ibu Majelis Taklim Al-Azhar dan BKM Masjid Al-Azhar Belakang Gor.

Dihadiri oleh lebih kurang 60 orang yang terdiri dari Ibu Majelis Taklim Al-Azhar, BKM Al-Azhar, Pemuda dan Anak-Anak TPQ Al-Azhar Belakang Gor, Kota Sorong mendapatkan pembinaan berbasis sosial, ekonomi dan keagamaan melalui bahasa agama (baca: ceramah).

Kegiatan kolaborasi pengabdian ini dikemas dalam bentuk ceramah agama dikarenakan masih dalam suasana Maulid Nabi Muhammad saw. dengan mendatangkan Ust. Samsudin Datu, S.Pd.I., M.Pd. sebagai Penceramah.

Sumber: Kitorangnews.com/RR

Ust. Samsudin Datu selain berprofesi sebagai Muballigh dan Kepala TPQ Al-Wildan Kota Sorong, ia pun merupakan Kasubag Analis SDM IAIN Sorong.

Dalam ceramahnya, Ust. Samsudin Datu atau yang akrab disapa dengan Samda ini mengingatkan kepada ibu majelis taklim Al-Azhar akan pentingnya meneladani kehidupan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Di antara keteladanan yang dapat dicontoh dari Nabi Muhammad saw., menurutnya adalah menebarkan salam.

Menebarkan salam ini merupakan media pererat persaudaraan antar sesama muslim. Demikian tutur Ust. Samda.

Di samping menebarkan salam, keteladanan yang dapat dicontoh dari Nabi Muhammad saw. adalah senyum.

Menurutnya, senyum ini merupakan amalan sedekah yang paling mudah, ringan dan gratis namun memiliki dampak yang besar terhadap orang yang diajak senyum.

Selanjutnya, pengajian ini diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab serta ditutup dengan pembacaan doa yang dibawakan langsung oleh Ust. Samda

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis sosial, ekonomi dan keagamaan ini dapat terlaksana dengan baik atas kerjasama antara BKM Masjid Al-Azhar, Majelis Taklim al-Azhar, Mahasiswa KKNT Posko 18, Dosen Pendamping/Pembimbing Lapangan dan Kelompok Pengabdian Dosen yang diketuai oleh Hj. Khatifah (Koordinator Prodi PAI) dan beranggotakan Ruslan Rasyid, Nirwan, Nur Fitriani, Istika, Ririn Musdalifah Kahar dan Rinjani.

Berdasarkan info yang diterima oleh kitorangnews.com, kelompok pengabdian Dosen IAIN Sorong yang diketuai oleh Bu Hj. Khatifah ini selanjutnya akan kembali melakukan pengabdian masyarakat minggu ini di Pulau Arar, Kabupaten Sorong.***

Sumber: Kitorangnews.com/RR

Loading

Tentang Penulis