Flag Counter
21 July 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Ramadan: Evaluasi, Tindaklanjut dan Istiqamah (10)

Gambar Ilustrasi (kitorangnews.com/RR)

Penulis: Hamzah Khaeriyah (Rektor IAIN Sorong / Ketua Umum Darud Da’wah wal Irsyad Papua Barat Daya)

Sorong.Kitorangnews.com – Berkaitan dengan perilaku orang beriman, Nabi memberi jaminan bahwa semua umatku akan masuk surga.Kecuali orang yang enggan masuk surga.

Nah, dipahami bahwa perilaku orang mukmin akan mengantar mereka masuk surga.
Pertanyaan yang perlu dikemukakan dalam konteks puasa apakah puasa yang dilakukan pada bulan ramadan telah mentransformasikan perilaku sebagai orang yang beriman.

Jawabannya, sangat individual karena yang merasakan pengalaman ini adalah orang yang berpuasa.

Kebiasaan memberikan pertanyaan kritis terhadap pelaksanaan ibadah puasa dalam peningkatan kualitas yang disebut dengan peningkatan amal shaleh bagi seseorang yang berpuasa dapat dipahami sebagai bagian ihtisab.

Ihtisab yang biasa disampaikan oleh penceramah Islam dimaknai menghitung-hitung. Tentu yang menjadi objeknya adalah keterkaitan peningkatan amal shaleh.

Tapi apakah bisa juga menghitung jumlah hari yang lalu dalam ramadan dengan harapan memahami waktu yang tersisa agar bisa normal jadwal makan siang; atau untuk keperluan pulang kampung, minta izin di kantor untuk lebaran, mengatur jadwal kereta api dan jadwal.menu buka puasa sesuai selera. Tentu, semua ini masih memerlukan kajian lebih dalam.

Wallahu A’lam

==BERSAMBUNG…===

Loading

Tentang Penulis