Flag Counter
21 July 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Perdana! Tadris IPA IAIN Sorong Menggelar Kompetisi Sains dan Teknologi se-Sorong Raya

Keterangan gambar: Flyer sosialisasi kegiatan (dokumen asli panitia)

Sorong, kitorangnews.com – Ajang untuk mengembangkan bakat dan minat para siswa se-Kota dan Kabupaten Sorong tersaji di acara Ajang Kompetisi Sains Inovatif (AKSI). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Program Studi Tadris IPA IAIN Sorong. Kegiatan yang diikuti oleh para pelajar tingkat SMP dan SMA/Sederajat ini berlangsung pada Jumat, (26/5/2023).

Di era sekarang ini para siswa sudah melek teknologi. Sehingga, dibutuhkan sebuah ajang untuk mengembangkan bakat dan minat mereka di bidang tersebut. Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia pelaksana, Oki Sandra Agnesa.

“Tujuan dilaksanakannya AKSI ini jelas, tujuannya adalah untuk membantu mengembangkan minat dan bakat siswa-siswi SMP, SMA, dan SMK di bidang Matematika dan IPA, agar mereka lebih kreatif dan berinovatif,” kata Oki Sandra.

“Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengasah jiwa-jiwa kompetisi mereka biar lebih berkembang,” lanjut Oki, yang juga menjabat sebagai Koordinator Prodi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut terbagi menjadi dua kategori. Untuk tingkat SMP dan MTs masuk ke dalam kategori lomba Olimpiade Matematika dan IPA. Terdapat empat (4) sekolah yang ikut berpartisipasi dalam kategori ini, yaitu SMP Negeri 2, Kabupaten Sorong, MTs Negeri Mariyai, Kabupaten Sorong, SMP Mhammadiyah Al-Amin, Kota Sorong, dan MTs Al-Gebra, Kota Sorong, dengan total peserta 21 siswa.

Sedangkan untuk jenjang SMA dan SMK masuk ke dalam kategori lomba Kompetisi Karya Sains dan Inovatif, yang diikuti oleh tiga (3) sekolah, yaitu SMA AVEROS, Kota Sorong dengan 3 tim, SMK Muhammadiyah Aimas, Kabupaten Sorong dengan 3 tim, dan SMAIT Peradaban Al-Izzah, Kota Sorong dengan 3 tim.

Di akhir kompetisi para peserta akan memperebutkan piala, piagam, dan juga uang pembinaan.*

Loading

Tentang Penulis