Flag Counter
15 June 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Kompetisi AKSI Telah Berakhir, SMA Averos Keluar sebagai Juara

Keterangan foto: Sesi foto bersama selepas acara penutupan AKSI. (sumber foto: kontributor kitorangnews)

Sorong, kitorangnews.com – Ajang Kompetisi Sains dan Inovatif (AKSI) telah berakhir. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong ini, secara resmi ditutup oleh Wakil Rektor II IAIN Sorong, pada Sabtu, 27/05/2023. Kompetisi yang diadakan selama dua hari ini banyak melahirkan karya-karya kreatif dan inovasi dari tangan-tangan hebat para peserta.

Karya-karya semacam ini, di masa yang akan datang pasti akan memiliki manfaat yang baik bagi masyarakat luas.

Adapun karya-karya yang menjadi bahan kompetisi para peserta adalah pesawat energi listrik, robot pemantau dengan kamera sport 4K, paving dari limbah plastik bekas, alat sensor suhu tubuh, pupuk kompos EKBS dari tanam-tanaman, perangkat monitoring kebocoran gas rumah tangga berbasis internet, dan perangkat pengiriman bebas pulsa untuk menjangkau daerah tertinggal di Papua Barat, serta tempat sampah cerdas.

Dari sekian banyak bahan yang diperlombakan, terdapat satu karya yang dinilai memiliki daya kreatif dan inovatif tinggi. Karya itu adalah perangkat presensi monitoring suhu tubuh sebagai media informasi dan kehadiran siswa di sekolah. Karya ini lahir dari tangan siswa SMA Averos, Kota Sorong, yang sekaligus dinobatkan sebagai juara 1.

Wakil Rektor II, Habullah, dalam sambutannya menyatakan senang dan apresatif terhadap para peserta. Ia menganggap semua peserta menampilkan karya terbaik mereka.

“Saya senang sekali bisa berjumpa dengan kalian. Ajang lomba ini selain untuk menunjukan bakat dan karya, di samping itu, untuk bersilaturahmi agar saling mengenal satu sama lain. Dan jangan dilihat dari hadiahnya saja tapi lihatlah apa yang telah kalian hasilkan di kompetisi ini sebagai raihan yang luar biasa yang nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat luas,” pungkas Wakil Rektor II.

Dalam kegiatan penutupan sekaligus penyerahan hadiah tersebut, turut hadir juga Dekan Fakultas Tarbiyah, Mudir Ma’had, dan para sivitas akademika IAIN Sorong.*

Loading

Tentang Penulis