Flag Counter
21 July 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Mengkatalisasi Internasionalisasi Institusi: Kepala UPT Bahasa IAIN Sorong Mengikuti Rapat Kerja Konsorsium Pusat Bahasa PTKI se-Indonesia

Sorong, kitorangnews.com – Kepala UPT Bahasa IAIN Sorong, Misnariah Idrus, M. A. mengikuti rapat kerja konsorsium Pusat Bahasa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia.

Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Jayakarta Senggigi, Lombok, 5-7 September 2023.

Pada rapat kerja tersebut dibahas upaya-upaya yang dapat dilakukan para pusat pengembangan Bahasa PTKI baik secara sendiri-sendiri maupun kolaboratif menjawab.

Instruksi dari Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjem Pendidikan Islam Kemenag mengenai percepatan internasionalisasi Perguruan tinggi Keagamaan Islam.

Salah satu mandat yang diterima oleh PTKIN se- Indonesia adalah penyediaan website kampus dalam Bahasa asing seperti Bahasa Inggris dan Arab.

Oleh karena itu, rapat kerja yang dihadiri oleh 28 orang kepala Pusat Pengembangan Bahasa PTKIN se-Indonesia.

Hal ini menggagas peyelenggaraan Focus Group Discussion menyeragamkan penggunaan istilah asing yang berkaitan dengan institusi.

Rapat kerja ini merekomendasikan pelaksanaan Short Course untuk peningkatan kemampuan penerjemahan para anggota konsorsium.

Pertemuan yang dituanrumahi oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram ini juga menyepakati untuk membuat standarisaasi tes kemampuan Bahasa Inggris dan Arab.

Untuk mendukung percepatan peningkatan kuliatas sumber daya manusia di lingkungan kementerian agama melalui studi lanjut S2 dan S3 baik dalam negeri maupun luar negeri.

Seperti yang diketahui bahwa salah satu bantuan Pendidikan yang dibawahi oleh Kemenag, yaitu Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB).

Mengakui sertifikat yang dikeluarkan oleh Unit Pengembangan Bahasa PTKIN sebagai salah satu persyaratan dalam tahapan seleksi administrasi.

Rapat kerja ini membahas pelaksanaan kerja sama internal dan eksternal dengan beberapa Lembaga seperti Subdit kelembagaan (tes Timur Tengah).

Subdit Pondok Pesantren (PPAB), Subdit Ketenagaan (PPBA/PPSL), dan lain-lain. (nirwan)

Loading

Tentang Penulis