Flag Counter
15 June 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Dharma Wanita IAIN Sorong Ikut Lomba HUT Dharma Wanita ke-24 **Raih Juara II dalam Lomba Tangkap Belut

Penyerahan ikan belut dar ketua panitia kepada seksi lomba. (KitorangNews)
Suasana saat tim Dharma Wanita IAIN Sorong bersiap ikut lomba tangkap belut. (KitorangNews)
Tim Dharma Wanita IAIN Sorong yang meraih juara II lomba tangkap belut. (KitorangNews)

SORONG, kitorangnews.com – Dharma Wanita Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong turut ambil bagian dalam kegiatan lomba yang digelar dalam rangka HUT Dharma Wanita ke-24 di Kantor Walikota Sorong, Rabu (6/12).

Menyemarakkan HUT Dharma Wanita ke -24, sejumlah kegiatan digelar oleh Dharma Wanita Kota Sorong. Salah satunya adalah lomba tangkap belut.

Selain lomba tangkap belut, di tempat yang sama , pada Jumat (8/12), Dharma Wanita IAIN Sorong juga akan mengikuti lomba senam kreasi “Tamang Pung Kisah” yang digelar Dharma Wanita Pemerintah Kota Sorong.

Rangkaian kegiatan HUT Dharma Wanita ke -24 dibuka secara resmi oleh Pj Sekda Kota Sorong, Ruddy R Laku, S.Pi di Halaman Kantor Walikota, Rabu (6/12).

Dalam sambutannya, Pj Sekda Kota selaku Pembina Dharma Wanita mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Sorong, sangat mendukung kegiatan yang digelar oleh Dharma Wanita Kota Sorong.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat jadi wadah untuk menyatukan ibu-ibu Dharma Wanita.

“Sekalian bisa bertukar pengalaman, bisa saling sharing atau memberi masukan. Mungkin ada yang punya masalah, bisa diselesaikan dengan pengalaman teman-teman yang lain,”tandasnya.

“Selain itu, ibu-ibu saya berharap tidak hanya bekerja di rumah saja, tapi mari ikut kegiatan ini untuk menambah wawasan, menambah ketramplan,”imbuh Pj Sekda Kota Sorong, Ruddy R Laku.

Sebelumnya, Pj Sekda juga memuji ibu-ibu Dharma Wanita yang kuat, hebat, selama ini telah berperan dalam keluarga, mendampingi suaminya. Seperti pepatah mengatakan dibalik keberhasilan seorang pria ada wanita kuat dan hebat di belakangnya.

“ Itu yang memang kami rasakan sebagai pria. Bapak ibu bayangkan kalau pulang di kantor anak-anak belum mandi, sudah pusing di kantor , sampai di rumah tambah pusing. Itu , kalau Dharma Wanitanya tidak kuat, kalau Dharma Wanita lupa dengan tugsnya,”tandas Ruddy Laku.

“ Saya berharap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Dharma Wanita bisa sering dilakukan sehingga mempersatukan ibu-ibu semua. Karena wanita ini cukup luas ya. Bukan hanya di Pemda kota tapi semua unsur, entah itu vertikal pasti ada Dharma Wanita, sampai ditingkat distrik dan kelurahan,”ujar Pj Sekda Kota Sorong, Ruddy Laku.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT Dharma Wanita ke-24 Kota Sorong, Ny Widyastuti Amri dalam laporannya mengungkapkan, untuk kegiatan tangkap belut diikuti 18 unsur pelaksana Dharma Wanita Persatuan se Kota Sorong.

Diantaranya, Dharma Wanita Sekretariat DPRD Kota Sorong, Dharma Wanita Distrik Sorong Kepulauan, Distrik Sorong, Dharma Wanita Kementerian Agama Kota Sorong, Dharma Wanita Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, DW Basarnas, BKSDA, DW Navigasi, BPKAD, DW Cipta Karya, DW Bina Marga, DW Lembaga Pemasayarakatan (Lapas) Sorong, DW Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan lainnya.

Usai menyampaikan sambutan, secara simbolis,Pj Sekda menyerahkan ikan belut kepada Ketua Dharma Wanita Kota Sorong, Novita CH Jitmau yang selanjutnya diserahkan kepada Ketua Panitia Widyastuti Amri dan diteruskan kepada seksi lomba.

Setelah bertarung, dengan menangkap dan menyerahkan belut dengan cepat kepada rekan satu tim, akhirnya dalam lomba tangkap belut, juara I diraih Dharma Wanita Distrik Sorong , juara II diraih Dharma Wanita IAIN Sorong, juara III Dharma Wanita Bina Marga, Harapan I diraih Dharma Wanita Cipta Karta, juara harapan II Dharma Wanita Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Harapan III Dharma Wanita Kemenag Kota Sorong.

Suasana lomba tangkap belut berlangsung meriah. Karena ikan belut sangat licin, beberapa peserta tampak kesulitan menangkap belut. Kalaupun sudah tertangkap, eh lepas lagi hingga membuat peserta pun harus mempunyai strategi khsusus untuk menangkapnya dan berlarian menyerahkan ke rekan penerima estafet belut. 

Terik panas matahari tidak mematahkan semangat para peserta untuk berlomba mengumpulkan ikan belut sebanyak-banyaknya.

Dalam babak final, karena nilanya sama, tim Dharma Wanita IAIN Sorong yang dipimpin Ny Mariam Hamzah dan Dharma Wanita Distrik Sorong beradu untuk kedua kalinya. Saat final memperebutkan juara I, peserta tim hanya 3 orang dari yang sebelumnya 8 orang, dan belut yang ditangkap pun hanya 1 ekor.

Setelah beradu kecepatan dan kelicahan, tim IAIN Sorong dan Distrik Sorong nyaris beradu lagi karena kekuatan sama, namun pada akhirnya tim juri menilai Dharma Wanita Distrik Sorong sebagai pemenangnya dengan meraih juara I dan tim Dharma Wanita IAIN Sorong meraih juara II.

Selain Ketua Dharma Wanita Kota Sorong, Novita CH Jitmau, sejumlah pejabat turut menyaksikan lomba tangkap belut ini. (ams/KitorangNews)

Tentang Penulis