Flag Counter
15 June 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Terbitkan Ratusan Sertifikat Halal, Disperindagkop Usaha Kecil Dan Menengah Gandeng LP3H IAIN Sorong

Sorong, Tindak lanjut edukasi dan sosialisasi para pelaku usaha tentang pentingnya label halal produk untuk usaha kecil dan menengah mulai membuahkan hasil. Sebanyak 220 para pelaku usaha di Kbaupaten Sorong melakukan proses registrasi produk dan pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) yang dibantu oleh tim Diperindagkop usaha kecil dan menengah. Kepala Bidang Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sorong, Ir. Samsul Arifudin melakukan kunjungan ke Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) IAIN Sorong dalam rangka kerjasama fasilitas sertifikat halal.

Diskusi kerjasama tersebut dipandu oleh Erwinestri H N Afifi, M. Pd selaku sekretaris dan dihadiri langsung oleh Ketua Halal Center LP3H IAIN Sorong Ibu St. Umrah, MA serta para Pendamping Proses Produk Halal (PPH) Kementerian Agama Kabupaten Sorong. Sri Lestari, S. Sos, M.Pd selaku pendamping PPH dari Kabupaten Sorong menyampaikan bahwa UMKM akan sangat terbantu dengan program ini mengingat jumlah program SEHATI yang di biayai pemerintah sudah terpenuhi kuota satu juta sertifikat halal. Dirinya beranggapan bahwa UMKM di kabupaten sorong perlu di bantu untuk memperoleh sertifikat halal sebab kebanyakan para pelaku usaha tidak mengurus sertifikatnya karena administrasi yang ribet, kurang pengetahuan, dan ketakutan pribadi pelaku usaha.

Hasil diskusi Disperindagkop usaha kecil dan menengah Kabupaten Sorong, membuahkan kesepakatan untuk membantu proses dan memfasilitasi sertifikat halal produk sebanyak 220 pelaku usaha kecil dan menengah yang terdaftar di Kabupaten Sorong. dalam kesepakatan tersebut dibentuk pula tim ahli yang akan mendampingi para pelaku usaha dalam proses registrasi hingga memperoleh sertifikat halal.

Dalam kerjasama tersebut disampaikan bahwa 220 pelaku usaha yang melakukan registrasi produk usahanya untuk mendapatkan sertifikat halal akan dibantu dan diberikan secara gratis. Program ini akan menjadi prioritas dinas pemerintahan daerah sebagai upaya mendukung program pemerintah percepatan sertifikasi halal produk Indonesia. Dengan adanya kerjasama ini pula diharapkan produk-produk UMKM Papua khususnya Kabupaten Sorong dapat bersaing dan menembus pasaran global. (ehna/hc)

Loading

Tentang Penulis