Flag Counter
12 June 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Misnariah Idrus Pimpin Gerakan Bahasa Indonesia di Ujung Timur Papua Barat Daya

SORONG, KitorangNews.com – Di tengah semangat membangun jalinan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di wilayah terpencil, Misnariah Idrus, M. A., memperkokoh langkahnya dengan melangkah sebagai Ketua Asosiasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Cabang Papua Barat Daya untuk masa bakti 2024-2028.

Pada hari Ahad, 10 Maret 2023, sorotan terpusat pada Misnariah Idrus saat resmi ditakhodai oleh Dr. Liliana Muliastuti, M. Pd., Ketua APPBIPA Pusat, dalam sebuah upacara penuh makna.

Tidak sendiri dalam perjalanan ini, pelantikan Misnariah Idrus dilakukan secara serentak dengan pelantikan cabang APPBIPA di berbagai penjuru tanah air, menandai langkah besar dalam pengembangan Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.

Dengan penuh keyakinan, Misnariah Idrus menegaskan bahwa peranannya bukan semata sebagai seorang pemimpin, tetapi juga sebagai jembatan yang menghubungkan potensi akademisi dan lembaga pariwisata di Papua Barat Daya. 

Dosen-dosen dari berbagai kampus di wilayah itu bersama Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sorong dan Raja Ampat berdiri bersama, membangun fondasi kuat bagi perwujudan impian akan Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang merentangkan jarak.

Dr. Liliana Muliastuti, dalam ucapan hangatnya, melihat visi yang sama dengan Misnariah Idrus. Dia berharap bahwa dengan semakin berkembangnya cabang-cabang APPBIPA, semakin banyak pula tangan yang bergandeng, membawa visi besar internasionalisasi Bahasa Indonesia menjadi kenyataan.

Tak hanya sebagai pemimpin, Misnariah Idrus juga membawa bersamanya tim dosen IAIN Sorong yang bersemangat, seperti Alif Hasanah, M. Pd., Aziz Khoiri, Miftahulfadlik Dabamona, Rabiuddin, M. Pd., dan Hasbullah Ph. D., yang tidak hanya memainkan peran dalam kepengurusan APPBIPA, tetapi juga sebagai pembelajar yang terus bergerak maju.

Dalam kehangatan sorot mata, Misnariah Idrus melahirkan harapan: “Semoga setiap langkah kita dalam APPBIPA menjadi jejak yang membawa IAIN Sorong menuju panggung internasional,”ucapnya.

Dengan sorot mata yang penuh semangat, ia mengawali babak baru dalam perjalanan Bahasa Indonesia, menandai langkah penting bagi Papua Barat Daya dan semesta bahasa kita. (ams)

Tentang Penulis