Flag Counter
19 May 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Kelompok Hadrat dan Prosesi Adat Papua, Sambut Kedatangan Rektor IAIN Sorong Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA

Rektor IAIN Sorong Dr Suparto Iribaram, S.Sos, MA saat disambut dengan prosesi adat Papua. (KitorangNews)
Rangkaian penyambutan di Bandara DEO Sorong, Kamis Pagi (2/5). (KitorangNews)
Pose bersama keluarga besar Iribaram. (KitorangNews)

SORONG, KitorangNews.com – Dengan menumpangi pesawat Batik Airline, dari Jakarta, Rektor baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA dan istri tiba di Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Sorong, Kamis (2/5) sekitar pukul 07.40 WIT.

Kedatangan Dr Suparto Iribaram yang baru dilantik sebagai Rektor IAIN Sorong oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada Senin, 29 April 2024 disambut dalam prosesi adat Papua dan dimeriahkan kelompok hadrat dari masyarakat muslim Papua.

Selain mantan Rektor Prof Dr Hamzah Khaeriyah, M.Ag, Wakil Rektor II Hasbullah, M.Pd, P.hD, tampak menjemput di pintu kedatangan Bandara DEO Sorong, keluarga besar Iribaram yang dipimpin Ridwan Iribaram yang sehari-hari Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Sorong, selain itu juga hadir Ketua Majelis Muslim Papua Sorong Raya, Habib Moi serta masyarakat dari Kerukunan Keluarga Fakfak.

Kelompok musik hadrat yang menabuh rebana dengan kompak menarik perhatian masyarakat di Bandara. Tak lama setelah tabuh rebana dari kelompok hadrat memberikan penyambutan, juga hadir keluarga besar Iribaram yang datang dengan spanduk berisi ucapan selamat datang kepada Rektor IAIN Sorong yang baru, Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA.

Tak hanya itu, Ridwan iribaram bersama masyarakat Iribaram menyambut Rektor Dr Suparto Iriabaram dengan prosesi adat yang ditandai dengan pemasangan tali kuat yang merupakan khas adat Papua Bagian Selatan.

Dikatakan Ridwan Iribaram, ikatan tali kuat yang dipasangkan kepada Suparto Iribaram mendandakan bahwa selama bertugas di Sorong, Papua Barat Daya, Suparto Iribaram dilindungi adat 7 suku , adat dari Fakfak, adat dari Kokoda dan adat dari keturunan Iribaram. “Selama bertugas di kota ini maka keluarga besar Iribaram akan melindung secara adat di wilayah Tanah Papua ini,”ujar Ridwan Iribaram.

Usai prosesi penyambutan secara adat, Rektor IAIN Sorong Dr Suparto selanjutnya menuju Hotel Kyriard untuk beristirahat sejenak dan kemudian bergerak ke kampus hijau IAIN Sorong mengkuti acara pisah sambut Rektor IAIN Sorong.

Atas dilantiknya Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA sebagao Rektor IAIN Sorong periode 2024-2028, Ridwan Iribaram mengatakan, sebagai keluarga besar Iribaram, sangat bersyukur kepada Allah SWT dan merupakan tonggak sejarah, Dr Iribaram seorang muslim Papua yang pertama dilantik sebagai rektor di Tanah Papua khususnya di IAIN Sorong.

Ia pun berharap perguruan tinggi lainnya dapat mencontohi IAIN Sorong yang memberikan kesempatan kepada muslim asli Papua seperti Dr Suparto Iribaram memimpin perguruan tinggi di Provinsi Papua Barat Daya ini.

Tidak hanya menyambut di Bandara, kelompok hadrat masyarakat muslim Papua juga mengantarkan Dr Suparto Iribaram sampai di kampus IAIN Sorong dan membawanya kembali pulang ke rumah adat.

Saat tiba di Kampus IAIN Sorong, Rektor IAIN Sorong, Dr Suparto Iribaram disambut dengan pengalungan kain syal oleh Ny Rosdiana Rusdi Rasyid.

Penyambutan rektor baru dipimpin Kepala Biro Admnistrasi Umum , Akademik, dan Kemahasiswaab (AUAK) IAIN Sorong, Dr H. M. Arsyad Ambo Tuo, M.Ag serta dihadiri Wakil Rektor I Dr Muhammad Rusdi Rayid, M.Pd.I, Wakil Rektor II Hasbullah, M,Pd P.hD dan segenap jajaran pimpinan dan staf IAIN Sorong. (ams)

Tentang Penulis