Flag Counter
15 June 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

81 Jemaah Haji Kabupaten Sorong Siap Diberangkatkan Menuju Embarkasi Makassar

Pj Bupati Sorong Ingatkan Rombongan  Jemaah Haji Kabupaten Sorong Saling Membantu

SORONGKitorangNews- Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN Sorong) yang diwakili Wakil Rektor II, Hasbullah, P.hD.M.Pd menghadiri acara pelepasan jemaah  haji Kabupaten Sorong, Selasa (21/5).  Pelapasan jemaah haji dipimpin oleh Pj Bupati Sorong, Ir Edison Siagian, ME yang secara resmi melepas 81 jemaah haji Kabupaten Sorong untuk siap diberangkatkan menuju embarkasi haji Makassar, Sulawesi Selatan.

Pj Bupati Sorong, Ir Edison Siagian, ME menyerahkan bendera rombongan kepada Ketua Rombongan, Suroso. (KitorangNews)

 Acara pelepasan jemaah haji yang berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sorong Jln Wortel, Aimas  ditandai dengan penyerahan bendera  dan koper kepada Ketua Rombongan Suroso (Kepala Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Papua Barat Daya) dan Ketua Regu ,Sukardi,.

 Pelepasan jemaah haji disaksikan Kepala Kantor Kementerian  Agama Kabupaten Sorong Fentje Burdam, S.Th, Kapolres Sorong AKBP Yohanes Agustiandaru, SH S.IK MH, Ketua MUI Kabupaten Sorong, Ahad Sakka, Rektor IAIN Sorong yang diwakili Wakil Rektor II,  Hasbullah, P.hD M.Pd, pejabat dan tamu undangan lainnya.

 Kepada jemaah haji Kabupaten Sorong yang kompak dengan seragam dan yel-yelnya, Pj Bupati Sorong Edison Siagian mengatakan ,karena   jemaah haji berangkat sebagai duta Kabupaten Sorong, duta Provinsi Papua Barat  Daya dan duta bangsa, maka diharapkan untuk menyiapkan segala keperluan haji dengan baik.

 Pose bersama diakhir acara pelepasan jemaah haji Kabupaten Sorong. (KitorangNews)

Pj Bupati Edison Siagian juga mengingatkan kepada  rombongan jemaah Kabupaten Sorong untuk saling mengingatkan, saling tolong menolong diantara sesama  calon jemaah haji sehingga ibadah haji yang berlangsung 42 hari dapat berjalan lancar.

 “Mental bapak ibu dalam melaksanakan ibadah haji harus kuat, sehingga pulang betul-betul jadi haji yang mabrur,”harap Pj Bupati Sorong, Edison Siagian yang diaminkan jemaah haji. Sementara itu Kepala Seksi Penyelenggara Haji Kabupaten Sorong,  Ibrahim Kasop, S.Pd M.Pd mengungkapkan, dari 81  jemaah haji  Kabupaten Sorong, laki-laki  berjumlah 42 orang dan perempuan 39 orang.

 Diantara  81 jemaah haji,  yang tertua yakni Abdullah Husein berusia 78 tahun dan jemaah termuda, Intan Iriani usia 36 tahun. “81  jemaah haji  ini semua sudah memenuhi persyaratan untuk berangkat dan  semua telah siap fisik dan mental untuk diberangkatkan,”tandas Ibrahim Kasop.

 Jemaah haji Kabupaten Sorong akan berangkat menuju embarkasi Makassar pada hari Jumat, 24 Mei 2024 dengan menggunakan pesawat Batik Air. Dan setelah sampai di Makassar, rombongan jemaah haji Kabupaten Sorong akan transit satu malam di Hotel Dalton, Makassar.

 Dan tanggal 25 Mei 2024, jemaah haji akan mengikuti pelepasan  oleh Pj Gubernur Papua Barat dan Pj Gubernur Papua Barat Daya. Selanjutnya pada pukul  20.00 Wit, 81 jemaah haji Kabupaten Sorong akan diterima secara resmi  di asrama haji Sudiang oleh PPIH Embarkasi Makassar. Dikatakan Ibrahim Kasop, 81  jemaah haji Kabupaten Sorong tergabung dalam kloter  20 dan kloter 21 bersama dengan  jemaah haji  seluruh kabupaten kota yang ada di Papua dan Papua Barat Daya.

 ” Dan jumlah jemaah haji dalam satu kloter berjumlah 445 orang,”ujar Ibrahim Kasop. Selanjutnya Insya Allah kloter 20 akan diberangkatkan menuju Jedda Arab Saudi pada hari Ahad, 26 Mei 2024 pukul 19.35 Wita dan tiba di Jeddah tanggal 27 Mei pukul 01.30 waktu Jeddah.

 Lebih lanjut dikatakan Ibrahim Kasop, bahwa kloter 20  dan kloter 21 masuk pada perjalanan ibadah haji  gelombang kedua,  yakni jemaah haji berangkat dari embarkasi Makassar  dan tiba di Bandara King Abdul Asis Jeddah.

 Sementara dalam jadwal pemulangan , jemaah haji Kabupaten Sorong akan berangkat dari Madina menuju tanah air melalui Bandara Amir Mahmud Abdul Aziz. Dan akan tiba kembali di tanah air  pada Senin, 8 Juli  jam 12.25 Wita.

 “ Kemudian rombongan jemaah haji Kabupaten Sorong akan tiba kembali di Kabupaten Sorong pada 9 Juli 2024,”ujar Ibrahim Kasop, Kepala Penyelenggara Haji Kabupaten Sorong. Yang sangat disyukuri dalam pemberangkatan  calon jemaah haji ini, biaya transportasi dan akomodasi ke Embarkasi Makassar  (PP) ditanggung Pemerintah Kabupaten Sorong.

  Jumlah calon jemaah haji Kabupaten Sorong tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 75 orang. Menurut Ibrahim Kasop, sebenarnya calon jemaah haji di Kabupaten Sorong total 82 orang namun 1 orang meninggal dunia.

 Sementara itu, beberapa calon jemaah haji yang ditanya berapa tahun menunggu hingga bisa berangkat, umumnya mengatakan menunggu sampai 10 tahun. Tak heran jika jemaah haji khususnya yang bapak-bapak tampak banyak yang sudah lansia.  (ams)

Loading

Tentang Penulis