Flag Counter
15 June 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Tiga Hari, UKM LJS Fakultas Syardak IAIN Sorong Gelar Pelatihan Dasar Hukum

SORONGKitorangNews- Setelah berlangsung 3 hari (23-25 Mei 2024), kegiatan Pelatihan Dasar Hukum yang digelar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Legal Justice Study (LJS) Fakultas Syariah dan Dakwah (Syardak) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Sabtu (25/5) pukul 17.00 Wit, resmi ditutup oleh Koordinator Program Studi (Prodi) Hukum Keluarga  Fakultas Syardak, Udin Latif, MH yang juga selaku Pembina UKM-LJS.

 Kepada peserta pelatihan yang diikuti sekitar 25 orang mahasiswa, Udin Latif berpesan  agar keberadaan UKM LJS dapat dimanfaatkan sebagai wadah kreativitas mahasiswa dalam belajar Kepemimpinan sekaligus mengasah daya kritis dan penalaran hukum mahasiswa Prodi Hukum Keluarga, agar kelak mampu menghadapi berbagai problem sosial secara responsif.

 “Terutama yang berkaitan dengan permasalahan hukum yang ada di tengah-tengah masyarakat, oleh karena itu dibutuhkan komitmen sesama anggota LJS agar selalu disiplin dan konsisten dalam mengelola organisasi dan melaksanakan program-program yang telah disusun dan disepakati bersama,”ujar Udin Latif.

 Pelatihan Dasat Hukum merupakan salah satu kegiatan yang digelar Unit UKM LJS dalam melakukan perekrutan anggota baru. Tujuannya tak lain agar  proses kaderisasi dapat berjalan dan terorganisir dengan baik dalam wadah UKM LJS.

  Peserta kegiatan  merupakan mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syahsiyyah) IAIN Sorong, yang dibekali pemahaman tentang materi hukum konveksional, hukum islam, manajemen organisasi dan beberapa materi tambahan yang disesuaikan dan selaras dengan arah perjuangan LJS. Kegiatan

  Pelatihan Dasar Hukum yang  mengusung tema Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa Hukum Keluarga IAIN Sorong yang Berintegritas”, dengan menghadirkan narasumber dari kalangan aktivis, akademisi, maupun praktisi hukum yang berkompeten dibidangnya.

 Seperti yang diikuti oleh para peserta, dalam Pelatihan Dasar Hukum, materi yang diberikan  diantaranya  Sosiologi Hukum yang disampaikan oleh Hujriman, SH MH (dosen IAIN Sorog), pemikiran hukum Islam dengan nara sumber Dr Muhammad Husein, S.Fil, M.Si, Hukum  dan HAM oleh M Rizal  (Permahi Sorong), peradilan agama oleh Sapuan, SH.I, MH (Ketua Pengadilan Agama Sorong), advokasi dengan nara sumber Bayu Permana (DPC Peradi Sorong) dan beberapa materi lainnya. (ams)

Loading

Tentang Penulis