Flag Counter
15 June 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Rektor IAIN Sorong Lantik Warek 1 dan Warek 2

Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA : Yang Terbaik, Bukan Karena Kedekatan atau Pertemanan

SORONGKitorangNews- Bertempat di Lantai 3 Gedung Rektorat, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA, Senin (27/5) melantik dua pejabat di lingkup  IAIN Sorong.

 Dua pejabat yang dilantik yakni Dr Sudirman, SH M.Hi sebagai Wakil Rektor  1 (Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan dan Kerjasama) dan Dr Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I sebagai  Wakil Rektor 2 (Bidang Adminitrasi Umum Perencanaan dan Kelembagaan).

 Penyerahan SK pelantikan kepada Warek 1, Dr Sudirman, M.Hi. (KitorangNews)

Pelantikan Wakil Rektor (Warek) 1 dan Warek 2 yang dipimpin Rektor IAIN Sorong Dr Suparto Iribaram ditandai dengan pengambilan sumpah janji jabatan dan penandatanganan berita acara yang disaksikan oleh Kepala Biro Adminisrasi, Umum, Akademik dan Kepegawaian (AUAK)  Dr H. M. Arsyad Ambo Tuo, M.Ag dan Analisis SDM Aparatur Ahli Muda, Samsudin Datu, S.Pd.M.Pd.

   Momen penting, pelantikan  dan pengambilan sumpah/janji jabatan Warek 1 dan Warek 2 yang berlangsung khidmat turut dihadiri  pimpinan, dosen, dan staf di lingkup IAIN Sorong.

 Rektor IAIN Sorong didampingi 2 Warek yang baru dilantik pagi tadi.

Seperti diketahui, sebelumnya (dimasa kepemimpinan Prof Dr Hamzah, M.Ag) Warek 1 dijabat oleh Dr Muhammad Rusdi Rasyid dan Warek 2 dijabat oleh Hasbullah, P.hD M.Pd, sedangkan Dr Sudirman, SH, M.Hi sebelumnya adalah Wakil Direktur Pascasarjana  IAIN Sorong.

 Dengan adanya pergantian Rektor IAIN Sorong yang kini dijabat oleh Dr Suparto Iribaram, maka posisi jabatan penting di IAIN Sorong pun berubah. Dalam sambutannya, Rektor IAIN Sorong, Dr Suparto Iribaram mengatakan, sebelum melantik Dr Sudirman dan Dr Muhammad  Rusdi Rasyid, Ia telah bertemu dengan semua oang dan berdiskusi  untuk  memilih 2 orang terbaik di IAIN Sorong untuk menduduki jabaran  Warek 1 dan Warek 2 IAIN Sorong .

 “Dan  Alhamdulillah 2 orang saya temukan dilantik pada hari ini,”ujar Dr Suparto Iribaram. Dikatakan oleh Rektor IAIN Sorong, dalam pelantikan Warek 1 dan Warek 2   merupakan pilihan terbaik. Dan pelantikan ini  bukan hanya  sekedar melantik dan memberi jabatan kepada pejabat yang dilantik.

 Tapi sesungguhnya ini adalah merupakan wujud tanggung jawab besar , tanggung jawab berat yang diberikan kepadanya dalam melaksanakan  amanah Menteri Agama saat melantik dirinya di Kemenag RI 29 April lalu yang membisikan kepadanya untuk membawah “terbang tinggi “ IAIN Sorong.

  Bahwa Dr Suparto Iribaram mengaku memilih Dr Sudirman dan Dr Muhmmad Rusdi Rasyid  untuk jadi partner yang klop dalam memimpin IAIN Sorong. “Saya mencari siapa yang jadi partner saya untuk sama-sama kita memajukan IAIN Sorong kedepan.  Ini yang penting, bukan persoalan kedekatan, bukan persoalan pertemanan tetapi untuk urusan ini  saya memilih yang terbaik,”ujar Rektor IAIN Sorong Dr Suparto Iribaram.

    Dengan tanggung jawab yang begitu berat dalam memajukan IAIN Sorong, Dr Suparto Iribaram  mengaku butuh anak muda yang kuat, yang energik. Dan figur itu ada pada Dr Sudirman, Warek 1 yang kelahiran 1990.

  “Saya butuh anak muda yang kuat, yang energik untuk membantu saya. Ketika saya  berlari spirint maka dia mempu mengimbangi saya. Ketika saya ajak  untuk melakukan hal-hal  diluar  ekspektasi teman-teman, bukan tidak mungkin itu akan kita lakukan,”tandas Dr Suparto Iribaram.

“Karena kita akan berusaha menerobos dinding-dinding yang selama ini orang mengatakan tidak mungkin. Ketika orang mengatakan tidak mungkin, maka jangan putus asa dulu,”imbuhnya.  Dalam sambutannya, Rektor juga mengungkapkan tekatnya untuk memajukan IAIN Sorong dengan meningkatkan jumlah mahasiswa sebanyak-banyaknya.

 Jika jumlah mahasiswa IAIN sudah meningkat signifikan, maka  Dr Suparto akan mengusulkan untuk manambah jabatan Wakil Rektor 3 yang akan membantu tugas Warek 1  khususnya dalam  urusan kerjasama dengan pihak luar.

 “Dengan  pelantikan ini, marilah kita sama-sama  berkomitmen untuk memajukan IAIN Sorong menjadi IAIN yang maju,”harap Dr Suparto Iribaram. Setelah melantik Warek  1 dan Warek 2 , Rektor IAIN Sorong mengungkapkan, pekan depan  akan melantik secara keseluruhan pejabat di lingkungan IAIN Sorong mulai dari fakultas, lembaga hingga lingkup program studi.

 Bagaimana  semua bisa memberikan andil sebagai  satu kesatuan yang utuh untuk  bersinergi memajukan IAIN Sorong, inilah harapan yang disampaikan oleh Rektor IAIN Sorong Dr Suparto Iribaram, S.Sos MA dalam acara pelantikan  Warek 1 dan Warek 2 IAIN Sorong.

 Acara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pejabat diikuti dengan pemberian ucapan selamat kepada pejabat yang dilantik dan poses bersama. Tampak hadir Dekan Fakultas Syariah dan Dakwah, Dr Bambang Sunatar, MM, Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr Surahman Amin, Lc MA dan jajaran pimpinan IAIN Sorong lainnya.

 Yang menarik, usai pose bersama, Rektor IAIN Sorong sempat menuju ke bagian operator memperdengarkan suara emasnya dalam sebuah lagu yang membuat jajaran yang mendengar pun berdecak kagum. (ams)

Loading

Tentang Penulis