Flag Counter
15 June 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Tawarkan Kerjasama, Warek 1 IAIN Sorong Audensi dengan Wakapolres Sorong

Wakapolres Sorong Akui Biaya Kuliah di IAIN Sorong Sangat Murah

SORONGKitorangNews–  Institut Agama Islam Negeri (IAIN)  Sorong kini gencar menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholder di Provinsi Papua Barat Daya. Dalam  audensi  dengan Polres Sorong, Kamis (30/5), Kapolres Sorong yang diwakili Wakapolres  Kompol Emmy Fenitiruma, S.Sos  menyambut positif tawaran kerjasama dari  IAIN Sorong .

 “Dari IAIN Sorong sudah audensi dengan kami Polres Sorong. Inti pertemuan ini,  bagaimana  kerjasama dengan IAIN nantinya personil Polri  bisa melaksanakan perkuliahan atau ambil  sarjana S1 dan magister  yang sudaha tersedia di IAIN Sorong, “terang Wakapolres Kompol Emmy Fenitiruma kepada media ini.

  Dikatakan oleh Wakapolres, pendidikan bagi anggota Polri sangat penting untuk mengelola adminstrasi, untuk  meningkatkan sumber daya Polri  maka harus ditopang dengan pendidikan. “Mudah-mudahan personel ini,  kita memberikan sosialisasi dan ada tergerak hati untuk  bisa menggapai pendidikan lebih tinggi,”ujar Wakapolres.

 Dalam audensi dengan Polres Sorong, Wakil Rektor (Warek) 1, Dr Sudirman, SH M.Hi didampingi  Koordinator Prodi Pendidikan Agama Islama (PAI) Pascasarjana IAIN  Sorong Dr Fardhan Abdillah M. M.Pd.I, Koordinator Prodi Hukum Keluarga , Fakultas Syariah dan Dakwah, Udin Latif, SH MH diterima oleh Wakapolres Kompol Emmy Fenitiruma

 Penyerahan cinderamata usai pertemuan membahas rencana kerjasama. (KitorangNews)

Audensi di ruang kerja Kapolres Sorong berlangsung dalam suasana  penuh keakraban. Saat menerima tamu dari IAIN Sorong, Wakapolres didampingi Kaur Bin Opsnal Reskrim Polres Sorong,  Iptu H. Asri Supmar, SH MH, Kepala Unit Sosial Budaya,  Iptu Arifin, SH dan Kaurmintu Binmas Bripka Said Al Hamid, S.Sos.

 Dalam audensi, Wakil Rektor 1 Dr Sudirman menawarkan  kerja sama denga Polres Sorong agar anggota Polres bisa kuliah di IAIN Sorong. Agar  anggota Polres Sorong bisa kuliah melanjutkan pendidikan  sarjana (S1) maupun pascasarjana (S2) di IAIN Sorong,  Warek 1, Dr Sudirman mengatakan IAIN Sorong siap untuk melakukan pendampingan –pendampingan sampai mahasiswa itu selesai kuliah.

 Dalam hal ini,  Dr Sudirman  mengatakan IAIN Soorng sangat terbuka dan  akan memberikan kemudahan bagi anggota  Polres  dalam melaksanakan proses perkuliahan. Dengan  fakultas dan program studi yang ada di IAIN Sorong, Dr Sudirman mengatakan dalam proses perkuliahan bisa ditempuh lewat non reguler dengan waktu perkuliahan yang fleksibel.

Penyerahan cinderamata “Ayo Kuliah di IAIN Sorong”. (KitorangNews)
.

Bukan hanya itu, bila perlu kata Dr Sudirman, jika fasilitas tersedia di Polres Sorong, tidak harus mahasiswa yang datang  ke kampus IAIN di Km 17, setelah adanya kerjasama dengan Polres Sorong, maka dosen IAIN Sorong yang  siap  datang mengajar ke Mapolres Sorong. Menyambut positif tawaran kerjasama dengan IAIN Sorong, Wakapolres Kompol Emmy tampak sangat  excited ketika Warek 1 mengungkapkan biaya kuliah  untuk S1 di IAIN Sorong satu semester Rp 1, 7 juta.

 “Bisa itu, murah ya, anggota Bintara yang baru-baru itu sudah pegang (gaji)  6-7 juta, kalau  Rp 1,7 juta sangat bisalah  kuliah di IAIN. Jadi untuk persoalan finansial itu tidak masalah,”ujar Kompol Emmy. Koordinator Prodi  PAI Pascasarjana Dr Fardan Abdillah menambahkan,  bahwa pascasarjana  juga  terus mendorong mahasiswa untuk menyelesaikan kuliahnya dengan cara melakukan pembimbingan .

 Dan mahasiswa pascasarjana IAIN Sorong bukan hanya ada di Sorong Raya tapi juga  di Fakfak, Bintuni dan kabupaten lainnya. “Kalau yang jauh saja bisa mendekat, apalagi yang memang sudah di dekat, “tandas Dr Fardan.

 Sementara Koordinator Prodi Hukum Keluarga Udin Latif, MH mengatakan, untuk anggota Polres Sorong yang nantinya akan kuliah di IAIN Sorong, kemudahan bisa diberikan dengan tidak lagi harus ikut KKN ataupun PKL karena toh yang dipraktekkan sehari-hari sudah dikerjakan, sehingga waktu perkuliahan bisa lebih singkat bisa 3,5 tahun.

  Sementara itu, Kaur Bin Opsnal Reksrim Polres Sorong, Iptu H. Asri Supmar, SH MH menyampaikan terima kasih atas kedatangan IAIN Sorong  ke  Polres Sorong. Untuk tawaran kerjasama sangat direspon positif.

“Kita memang sangat membutuhkan. Kenapa ? karena tantangan ke depan semakin  berat, sehingga anggota itu perlu menambah  ilmu dan perlu ada penjejangan S1. Karena kedepannya, setelah dia menduduki jabatan, seperti Kapolsek pasti mereka harus memiliki kemampuan,”ujar Iptu H. Asri, mantan Kanit Laka Polres Sorong.

 Dikatakan bahwa personel polisi tidak hanya dituntut memiliki kemampuan kepolisian tapi juga harus memiliki  kemampuan di luar  kepolisian. “Harus ada pendidikan  tambahan di luar kepolisian. Jadi sambil  berlajar di kepolisian juga harus belajar di luar pendidikan kepolisian, “ujar Iptu Asri.

 Ia mengatakan demikian karena untuk menduduki jabatan seperti Kapolsek atau lainnya itu syaratnya harus pendidikan sarjana. Dikatakan oleh Iptu Asri, bahwa IAIN sudah siap memberikan kemudahan –kemudahan dalam proses perkuliahan, sehingga bagaimana caranya anggota Polres Sorong nantinya bisa kuliah di IAIN Sorong.

 Menyinggung tentang biaya kuliah untuk S1 Rp, 1, 7 juta persemester. Iptu Asri pun menilai  relatif sangat murah. “Biayanya relatif sangat murah, sehingga anggota itu kalau dibandingkan gajinya  ya artinya satu semester itu bisa lah,”tandasnya.

 Bukan hanya itu lanjut Iptu Asri, dari kemudahan-kemudahan lainnya yang ditawarkan oleh IAIN Sorong,  maka tidak ada alasan lagi dari anggota untuk tidak kuliah.  Setelah ada MoU nanti  lanjut Iptu Asri, maka anggota Polres Sorong yang mau kuliah di IAIN Sorong akan didaftarkan dan dipantau sampai selesai. Dalam perbincangan, Iptu H. Asri yang sudah S2 tampaknya tertarik untuk kuliah S2 lagi di IAIN Sorong.

  Lanjut dikatakan oleh Iptu Asri yang juga dosen Universitas Muhammadiyah Sorong (UMS) Sorong, bahwa jumlah anggota Polres setiap tahun bertambah. Terlebih jika Polda Papua Barat Daya nantinya terbentuk maka akan semakin banyak tambahan anggota Polres Sorong. Karena itu dalam upaya peningkatan kualitas SDM Polres Sorong maka  Ia menilai kerjasama dengan perguruan tinggi seperti IAIN Sorong sangat dibutuhkan.

  Dalam audens, Iptu Asri mengungkapkan, sebelumnya juga sudah ada  beberapa perguruan tinggi yang datang dan menawarkan kerjasama.“Terima kasih kepada IAIN Sorong yang sudah datang ke kami  dan  memberikan kemudahan untuk anggot Polisi  bisa kuliah di sana,”ujar Iptu Asri. Audensi Warek 1 IAIN Sorong Dr  Sudirman dengan Wakapolres Sorong Kompol Emmy berakhir dengan tukar menukar cindera mata.  (ams)

Loading

Tentang Penulis