Flag Counter
15 June 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Peringati Harlah Pancasila , Rektor IAIN Sorong Ajak Membumikan Nilai-Nilai Pancasila

SORONGKitorangNews– Berlangsung dalam suasana khidmat, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong Dr Suparto Iribaram, S. Sos MA  memimpin upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila, 1 Juni 2024.

 Upacara peringatan Harlah Pancasila di halaman Kampus IAIN Sorong, Sabtu pagi (1/6) sekitar pukul 07.30 Wit diikuti segenap pimpinan, dosen, staf, tenaga kependidikan dan mahasiswa IAIN Sorong yang hadir dengan jas almameter hijau. Tak lupa kelompok marchind band IAIN Sorong yang diikuti mahasiswa/I yang tampil lebih atraktif dengan kostum andalan marchindband hadir mengiringi rangkaian upacara.

  Rektor Dr Suparto Iribaram, S,Sos MA dan pimpinan IAIN Sorong. (KitorangNews)

Mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas  Tahun 2045” peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2024 ini merupakan yang pertama kali dipimpin oleh Rektor Dr Suparto Iribaram setelah dilantik oleh Menteri Agama Yaqut  Cholil  Qoumas pada 29 April 2024 lalu.

 Membacakan pidato tertulis  Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila  (BPIP) RI, Yudian Wahyudi,  Rektor IAIN Sorong, Dr  Suparto Iribaram mengajak kepada komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu membahu, membumikan nilai-nilai  Pancasila ke dalam aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

  Upacara peringatan Harlah Pancasila di Kampus IAIN Sorong. (KitorangNews)

Dikatakan bahwa sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

 Sedangkan sebagai  leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi  sekarang ini. “Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi  ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya  oleh seluruh tumpah darah Indonesia,”harap Rektor Dr Suparto Iribaram.

 Lanjut dikatakan, Pancasila memiliki peran penting dalam menghadapi tantangan global, terutama dengan pesatnya teknologi informasi. “Pancasila diharapkan menjadi filter agar Bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi pada masa depan,”harapnya.

  Karena itu Rektor Dr Suparto Iribaram mengajak semua pihak untuk memanfaatkan teknologi secara bijaksana guna menyiarkan konten-konten positif yang mencerminkan  nilai-nilai Pancasila  Diakhir pidatonya,Kepala BPIP melalui Rektor IAIN Sorong, Dr Suparto Iribaram  mengajak seluruh komponen bangsa  untuk bersama-sama  bergotong royong merawat Pancasila sebagai anugerah melalui peringatan Hari Lahir Pancasila.

 “Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan  sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,”tandasnya.

“Semoga peringatan Hari Lahir  Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil,  makmur dan berwibawa di kancah dunia,”imbuh Dr Suparto Iribara menyampaikan pidato Kepala BPIP  RI, Yudian Wahyudi.

 Yang menarik, dari rangkaian upacara peringatan Harla Pancasila di kampus IAIN Sorong, diikuti dengan penyerahan hadiah berupa piala dan uang tunai kepada  peserta yang menjuarai badminton pada Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 2024.

 Usai upacara peringatan Harlah Pancasila, peserta upacara mulai dari pimpinan hingga mahasiswa menikmati suguhan makanan tradisional yang direbus, seperti jagung rebus, keladi, kacang rebus, batatas kuning  lengkap dengan sambalnya.

 Saat menikmati suguhan tradisonal, Rektor IAIN Sorong Dr Suparto Iribaram pun berbincang akrab dengan pimpinan IAIN Sorong, Karo AUAK Dr H.M. Arsyad Ambo Tuo, M.Ag,  Warek I Dr Sudirman, SH M.Hi, dan Warek II Dr Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I. Juga tampak Dekan Fakultas Tarbiyah Dr Surahman Amin, Lc MA dan jajaran pimpinan IAIN Sorong lainnya. (ams)

Loading

Tentang Penulis