Flag Counter
3 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Ingin Meningkatkan Mutu Pendidikan, IAIN Sorong Teken MoU dengan YaNU

Keterangan foto: Ketua DMI Kota Sorong (kiri), Rektor IAIN Sorong (tengah), dan
Pembina Yayasan Nahdlatul Ulum (kanan)

Sorong, kitorangnews.com – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong teken Memorandum of Understanding (MoU) dengan Yayasan Nahdlatul Ulum (YaNU) Kota Sorong. Penandatangan kerjasama tersebut dilakukan di Aula Auditorium Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong, Kamis (17/6/21).

Kegiatan penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Rektor IAIN Sorong, Dr. Hamzah, M. Ag., dan Pembina Yayasan Nahdlatul Ulum, Drs. K.H. Uso. Kerjasama sama ini dilakukan dalam rangka bergerak bersama untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia di Papua Barat. Niatan tersebut akan ditempuh melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rektor IAIN Sorong, Hamzah dalam sambutannya. Hamzah mengatakan akan melakukan kolaborasi dengan Yayasan Nahdlatul Ulum. Ia berharap melalui kolaborasi tersebut bisa mendorong dalam hal peningkatan mutu pendidikan keagamaan di Kota Sorong.

“terjalinnya kerjasama ini dengan Yayasan Nahdlatul Ulum, NU Kota Sorong diharapkan dapat berkolaborasi dalam mendorong peningkatan mutu pendidikan dalam sektor keagamaan di Kota Sorong, khususnya di IAIN Sorong” ucap rektor.

Hamzah menambahkan, apabila nota kesepahaman dijalin dengan baik dan ditindaklanjuti dengan memorandum of action (MoA) maka apapun yang disepakati dalam kertas MoU akan tercapai.

“dengan sinergitas kerjasama yang baik dan terorganisir tentunya dapat memaksimalkan kinerja kedua belah pihak dalam mencapai tujuan kerjasama yang telah dijalin” tambah Hamzah.

Hamzah melanjutkan, di era seperti sekarang ini teknologi merupakan tantangan dalam melakukan langkah-langkah dalam mencapai mutu pendidikan. Aspek ini harus mendapatkan perhatian lebih karena mampu memberikan pengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi, keagamaan, dan pendidikan di Indonesia terlebih perguruan tinggi seperti di IAIN Sorong dan Papua Barat.

“Hal ini sekaligus menjadi tantangan bagi kita semua dalam membangun perkembangan serta pertumbuhan sumber daya manusia dalam sektor ekonomi, pendidikan dan keagamaan” lanjut rektor.

IAIN Sorong sebagai lembaga pendidikan tinggi di bawah naungan Kementerian Agama berperan membantu pemerintah dalam melahirkan sumber daya manusia yang unggul, berkompeten di bidang keagamaan yang dapat memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi, pendidikan, keagamaan, dan digitalisasi.
Turut hadiri dalam acara penandatangan MoU tersebut Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Sorong, H. Kisman Rahayaan, M.M., Plt. Dekan Fakultas Tarbiyah, St. Umrah, M.A., Plt. Kabag ULA, Drs. Hasbullah, Ph. D., dan segenap pimpinan dan dosen IAIN Sorong.

Tentang Penulis