Flag Counter
10 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Sesi foto bersama seusai acara pembukaan Seminar dan Launching Program Unit Pengembangan Bahasa

Sorong, Kitorangnews.com – Unit Pengembangan Bahasa (UPB) IAIN Sorong menyelenggarakan Seminar dan Launching Program yang berlangsung di Aula Fakultas Tarbiyah Lantai I, Selasa (21/9/2021).

Pihak penyelenggara mengundang pemateri yang memiliki keahlian di bidang bahasa Inggris khususnya dalam hal TOEFL, yakni Hari Nugraha, M.A., Isnaini Eddy Saputro, M.Pd., Miftahulfadlik Dabamona, M.Sc.

Berdasarkan penyampaian ketua panitia pelaksana, Lalu Nasrulloh, bahwa seminar dan launching ini pada prinsipnya bertujuan mengembangakan dan menguatkan basic skils berbahasa Inggris mahasiswa IAIN Sorong melalui kerja sama dengan pihak pascasarjana dan fakultas yang nantinya akan bermuara pada komitmen kolektif dalam menciptakan suasana akademik yang kompetitif dan produktif secara global.

“kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman sebagai jalan untuk menguatkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa IAIN Sorong” tuturnya.

Lalu Nasrulloh menambahkan perihal out put dan outcome dari kegiatan yang diselenggarakan. Ia menuturkan kalau ke depan, tepatnya di tahun 2022 akan diberlakukan sertifikat TOEFL sebagai persyaratan yudisium, baik mahasiswa strata 1 maupun strata 2 IAIN Sorong. I juga menyampaikan terkait isi Surat Pemberitahuan Wakil Rektor 1 tentang pemberlakukan sertifikat TOEFL sebagai salah satu syarat yudisium.

outcome dari kegiatan ini salah satunya adalah terselenggaranya pelatihan dan tes kompetensi bahasa Inggris. Sertifikatnya akan dijadikan sebagai salah mengikuti persyaratan mengikuti yudisium, seperti yang tertera dalam surat pemeberitahuan Wakil Rektor 1 pertanggal 13 September 2021, dengan nomor surat B-057/In.41/I/PP.01.1/09/2021” terang pria yang menjabat menjadi Plt. Kepala Unit Pengembangan Bahasa tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Rektor I, Muhammad Rusdi Rasyid, mengapresiasi program yang sedang dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan oleh Unit Pengembangan Bahasa. Ia juga berharap agar semangat ini tidak redup di kemudian hari.

“kegiatan-kegiatan seperti ini yang harus diapresiasi. Tetapi, kegiatanya harus terus-menerus, dan terus ditingkatkan. Jangan sampai semangatnya sebentar terus redup lagi” tutur Warek I dalam sambutannya.

Tentang Penulis