Flag Counter
10 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Meningkatkan Mutu Lembaga, Fakultas Tarbiyah Jalin Dua Kerja sama di Jakarta

Sorong, kitorangnews.com – Dalam rangka meningkatkan kualitas lembaga dan lulusan, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong mengadakan berbagai giat atau usaha untuk mencapai hal tersebut. Salah satu cara yang dimaksud adalah melalui kerja sama. Kali ini, Fakultas Tarbiyah menjalin kerja sama dengan pihak Masjid Istiqlal Jakarta dalam bidang pengadaan beasiswa Pengkaderan Ulama dan Hafiz Al-Qur’an. Kegiatan tersebut terlaksana di kantor Imam Besar Masjid Istiqlal, Senin, 27 September 2021. Kerja sama yang lain dilakukan di UIN Syarif Hidayatullah dengan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), pada 29 September 2021.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nazaruddin Umar menyampaikan bahwa akan memberikan quota khusus bagi mahasiswa dan alumni IAIN Sorong dalam proses seleksi program beasiswa Pengkaderan Ulama dan Hafiz Al-Qur’an.

Nazaruddin Umar juga menjelaskan perihal beasiswa yang dimaksud. Ia menyebutkan program beasiswa tersebut merupakan program beasiswa penuh bagi peserta yang lulus seleksi. Untuk itu, ia berharap Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong dapat menyiapkan dan menyeleksi para mahasiswa, Alumni dan bahkan dosen serta untuk mengambil bagian dari dua program unggulan Masjid Istiqlal tersebut.

Imam Besar tidak lupa menyarankan kepada pihak IAIN Sorong melalui dekan Fakultas Tarbiyah, Hasbullah, untuk melakukan persiapan sebagai tempat pelaksanaan penyeleksian beasiswa Calon Kader Ulama dan Hafiz Al-Qur’an wilayah Papua dan Papua Barat.

Tawaran sekaligus komitmen tersebut disambut baik oleh pihak IAIN Sorong, dalam hal ini diwakili oleh Dekan Fakultas Tarbiyah. Hasbullah selaku Dekan menyampaikan terima kasih yang mendalam kepada pihak Masjid Istiqlal atas perhatian khususnya kepada IAIN Sorong dan masyarakat Papua secara umum. Hasil kerja sama itu akan segera ditindaklanjuti dan akan dilakukan kajian tentang teknik dan prosedur pengrekrutan.

“Iya. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Masjid Istiqlal atas segenap perhatian dan kepeduliannya terhadap IAIN Sorong dan masyarakat Papua. Hal ini akan kami sampikan ke Pak Rektor dan segera akan dilakukan kajian terkait teknik dan prosedur seleksi” ungkap Hasbullah.

Di waktu yang berbeda dan di daerah yang sama, Dekan Fakultas Tarbiyah, Hasbullah mengadakan kerja sama dengan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan tersebut terlaksana pada tanggal 29 September 2021.

Dekan FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ibu Dr. Sururin, M. Ag., bersama Wakil Dekan 1, Dr. Kadir, M.Pd., Wakil Dekan 2, Dr. Abdul Muin, S.Si., M.Pd., dan Wakil Dekan 3, Dr. Halimi, M.Pd., menerima secara resmi kunjungan Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong di ruang pertemuan pimpinan FITK.

Berdasarkan keterangan tertulis, Dekan Fakultas Tarbiyah, Hasbullah, dalam pertemuan yang cukup dinamis tersebut, terjadi diskusi untuk mendalami peluang kerja sama yang bersifat realistis demi kemajuan pendidikan dan ilmu pengetahuan yang berciri khas keagamaan. Hasbullah juga menyampaikan bahwa ada banyak hal yang bisa ditindaklanjuti bersama, seperti kegiatan seminar internasional, publikasi, pengembangan jurnal, workshop penulisan jurnal Scopus atau jurnal bereputasi, program studi lanjut bagi dosen dan alumni.

Hasbullah melanjutkan, terdapat berbagai saran dan masukan yang diberikan oleh pihak FITK UIN Jakarta untuk memajukan pendidikan keagamaan di Papua Barat, antara lain berkaitan dengan ciri khas atau nilai-nilai budaya dan tradisi di Sorong Papua Barat perlu dikembangkan oleh IAIN Sorong, Terkhusus Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong dapat membuka ruang pada bidang Pendidikan Seni dan Budaya, Pendidikan Teknologi Kearifan Lokal Papua, dan Pendidikan Olah raga dan Kesehatan,

Sumber: Drs. Hasbullah, Ph.D.

Tentang Penulis