Flag Counter
3 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

4 Bidang Konsultan Muda Dilaunching oleh Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong

Sorong, kitorangnews.com – Peresmian empat bidang konsep Konsultan Muda oleh Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, di Gedung Aula Fakultas Tarbiyah, Rabu, 3 November 2021.

Turut hadir dalam acara tersebut Rektor IAIN Sorong, Dekan Fakultas Tarbiyah, para Koordinator Program Studi Fakultas Tarbiyah, Para jajaran pimpinan di lingkup IAIN Sorong, Tim Ahli bidang Akademik, Tim Pendamping Konsultan Muda, dan Tim Konsultan Muda Mahasiswa Fakultas Tarbiyah.

Di dalam acara tersebut, Dekan Fakultas Tarbiyah, Hasbullah, menyampaikan harapannya kepada tim pendamping dan para mahasiswa sebagai calon konsultan muda.

“Kami berharap lewat gagasan atau konsep konsultan muda ini mahasiswa bisa lebih kreatif dan inovatif. Tujuan dari program ini yaitu menghasilkan mahasiswa yang terampil di bidangnya masing-masing. Sekaligus konsep Konsultan Muda ini digagas sebagai program unggulan fakultas dan institusi” Ucap Hasbullah.

Di waktu yang bersamaan, Rektor IAIN Sorong, Hamzah Khaeriyah, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Dekan Fakultas Tarbiyah beserta Tim Pendamping Konsultan Muda.

“Ini sangat luar biasa, saya rasa. Maksud pak Dekan tadi adalah harus ada sebuah lompatan sikap terhadap perkembangan dan perubahan yang terjadi” kata Rektor.

Rektor melanjutkan, baginya konsiltan muda ini tidak hanya berkutat pada persoalan tekstual dan kontekstual, melainkan harus ada lompatan untuk bisa menyentuh ranah pasar dan kebutuhan pasar.

“Gagasan konsultan muda ini tidak hanya melihat tekstual dan kontekstual saja, melainkan harus melihat nilai pasar, dan sebagainya” ungkapnya.

Ia (rektor) juga berpesan bahwa Konsultan Muda itu adalah sebuah langkah strategis dan katalisator untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Di samping itu, konsep konsultan muda itu, sejatinya adalah di mana pasar membutuhkan dan mau menerima. Hal ini harus ditopang dengan penguatan intelektual, penampilan, relasi, dan sebagainya.

“Konsultan Muda itu adalah sebuah Langkah strategis dan katalisator. Konsep konsultan muda itu adalah pasar membutuhkan dan menerima. Hal ini harus ditopang oleh berbagai hal, mulai dari penguatan intelektualitas, penampilan, relasi, dan sebagainya” terangnya.

Di akhir penyampainnya, Rektor memberikan sebuah analogi kepada para pendamping.

“Harapan harus tinggi. Kalau mendidik orang menjadi pimpinan, maka kita harus latih setingkat di atas pimpinan. Kalau mau menjadikan mahasiswa menjadi guru, maka latih mereka menjadi dosen. Itulah cara berpikir dari konsep konsultan muda” tutup rektor.

(LN)

Tentang Penulis