Flag Counter
10 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Menjadi Pembicara Kunci Webinar Pasar Modal Syariah, Rektor IAIN Sorong Menyampaikan Dua Hal!

Keterangan foto: Flyer kegiatan Sharia Invest Talk Webinar Series

Sorong, KITORANGNEWS.com – Pengurus Daerah Masyarakat Ekonomi Syariah (PD MES) Sorong Papua Barat menjadi jembatan penyampaian pemahaman kepada masyarakat tentang pasar modal syariah.
Lewat kegiatan Webinar Sharia Invest Talk dengan tema Menjadi Investor Cerdas: Kenali Investasi yang Halal dan Legal. Kegiatan terselenggara berkat kerja sama Pengurus Wilayah Khusus Masyarakat Ekonomi Syariah Federasi Rusia, Bursa Efek Indonesia, dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong. Sharia Invest Talk ini diselenggarakan secara daring, hari ini, 24 November 2021.

PD MES Sorong, sebagai pelaksana kegiatan mengundang Derry Yustria dari IDX Islamic dan Zainal Falah dari Phillip Sekuritas Indonesia menjadi narasumber.

Selain ke dua narasumber tersebut, panitia pelaksana juga mengundang rektor IAIN Sorong sekaligus ketua dewan pakar PD MES Sorong menjadi pembicara kunci. Dalam penyampaiannya, Rektor Hamzah, menyampaikan tentang dua hal yang harus diketahui dan diutamakan ketika membicarakan soal investasi syariah.

Keterangan foto: Tangkapan layar saat Rektor IAIN Sorong, Hamzah, menyampaikan materi

“Ada dua hal penting dalam konteks syariah ini yang harus saya sampaikan. Pertama, investasi ekonomi bisnis dan yang ke dua adalah investasi ekonomi sosial”, ujar rektor.

Ke dua-duanya, lanjutnya, memiliki kelebihan dan kebaikan masing-masing.

“Khusus ekonomi sosial, kita bisa bertemu (silaturahim), kita dapat pahala, kita dapat membantu, dan sebagainya. Sedangkan ekonomi bisnis, bisa membawa kita kea rah ekonomi yang berkeadilan”, lanjutnya.

Di akhir penyampaiannya, rektor Hamzah, menyerukan tentang pengutamaan dan memperhatikan investasi berbasis syariah, karena menurut rektor, hal itu bisa membawa umat manusia ke arah kehidupan yang lebih baik. Disebabkan adanya investasi berbasis dunia dan akhirat.

“Kita juga harus menggenjot hal-hal yang demikian (investasi berbasis syariah). Atas nama rektor, saya sangat senang dan bergembira atas apa yang dilakukan oleh MES Sorong. Kegiatan inilah yang akan membawa kita ke arah kehidupan yang lebih baik, karena investasi yang berbasis dunia dan akhirat”, tutur rektor.

Di samping itu, meskipun acara berlangsung secara daring, tetapi antusias peserta tidak pudar, terbukti, dari awal sampai penghujung acara peserta tetap di angka 127 orang.

Arfandi selaku ketua pelaksana kegiatan sekaligus sekretaris umum PD MES Sorong mengapresiasi itu semua.

“Acara ini luar bisa. Dan saya mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah terlibat dalam kesuksesan acara ini. Mulai dari ketua PD MES, Pak rektor, narasumber, dan para peserta”, ujarnya saat dikonfirmasi via chat whatsaap.


Tentang Penulis