Flag Counter
12 June 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Berkomitmen Meningkatkan Kompetensi SDM, Pemda Raja Ampat Teken MoU dengan Pascasarjana IAIN Sorong

Keterangan foto: Direktur PPs IAIN Soong (kanan) dan Buapati Raja Ampat (kiri)

Sorong, kitorangnews.com – Program Pascasarjana (PPs) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah (pemda) Kabupaten Raja Ampat. Kerja sama tersebut sebagai bentuk komitmen pemda Raja Ampat dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM).

Komitmen kedua belah pihak berlanjut sampai pada tahap penandatanganan memorandum of understanding (MoU). Proses penandatanganan naskah MoU berlangsung di kantor Bupati Raja Ampat, Kamis (16/12/2021).

Di dalam kesempatan itu, Indria Nur selaku Direktur PPs IAIN Sorong, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada pemda Raja Ampat, yang telah memberikan kesempatan bagi IAIN Sorong untuk melakukan kerja sama dalam hal peningkatan sumber daya manusia di wilayah Raja Ampat secara khusus dan Papua secara umum.

“Sangat apresiasi dari kami pascasarjana atas amanah yang diberikan oleh pemda Raja Ampat untuk bisa melaksanakan program kerja ini melalui program magister kelas kerja sama”, ungkap Indria.

Program beasiswa kerja sama PPs IAIN Sorong dengan pemda Raja Ampat ini diperuntukkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan para tenaga pendidik yang ada di wilayah kerja Kabupaten Raja Ampat.

“Bantuan pemda Raja Ampat ini untuk ASN yang ada di lingkup pemda ataupun ASN dari tenaga pendidik yang ada di lingkup Kabupaten Raja Ampat”, tambah Indria.

Selanjutnya, adapun yang menjadi tujuan dari program kerja sama ini, seperti yang tambah oleh Direktur PPs IAIN Sorong, merupakan program yang bermaksud menjadikan kompetensi masyarakat yang ada di wilayah Raja Ampat semakin berkembang. Ia juga berharap dari program ini bisa memberikan dampak postif terhadap kemajuan daerah.

“Program ini, Insya Allah, kita berharap adalah program yang akan mengembangkan kompetensi, kemampuan dari masyarakat, sumber daya manusia yang ada di wilayah Raja Ampat. Semoga dengan adanya program ini bisa memberikan pengembangan ke depan nanti untuk pengembangan kawasan Raja Ampat ke arah yang lebih baik”, harap Indria.

Di dalam acara tersebut, selain dihadiri oleh Bupati, juga dihadiri oleh segenap OPD, perwakilan mahasiswa, serta perwakilan dari ormas yang ada di daerah Raja Ampat.

foto bersama pihak PPs IAIN Sorong dengan pihak pemda Raja Ampat selepas acara penandatanganan MoU

Di waktu yang sama, Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, menyampaikan bahwa MoU dengan PPs IAIN Sorong ini bukan kali pertama, terutama yang berkaitan dengan kerja sama dalam bidang pendidikan, melainkan pemda Raja Ampat sudah melakukannya dengan berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Bupati juga begitu mendukung program peningkatan kompetensi SDM seperti halnya yang dilakukan oleh PPs IAIN Sorong, karena program ini termasuk program yang difokuskan dalam masa kepemimpinannya.

“Sebagaimana MoU ini (dengan IAIN Sorong) bukan hanya yang pertama, tapi juga sudah kita lakukan berbagai program peningkatan kompetensi di berbagai bidang dengan berbagai perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia. Dalam kepeminpinan saya, sudah kita juga beberapa kali untuk mendukung program S.2, baik itu di bidang kedokteran spesialis maupun di bidang yang lain. Karena adanya pandemi covid, kami tidak bisa invasi dalam melakukan program-program yang tentunya menjadi fokus kita terutama yang berkaitan dengan peningkatan sumber daya manusia itu sendiri”, terang Bupati.

(LN)

Loading

Tentang Penulis