Flag Counter
10 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Hadir di IAIN Sorong, Ust. Fadlan Mengajak Sivitas Akademika Merawat Tanah Papua

Foto bersama Ust. Fadlan (tengah), Rektor IAIN Sorong (kanan), dan Kabiro IAIN Sorong (kiri)

Sorong, kitorangnews.com – Pendiri Pondok Pesantren Nuu Waar Al-Fatih Kaffah Nusantara atau yang dikenal dengan singkatan AFKN, Ust. Fadlan Garamatan, berkesempatan hadir di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Papua Barat, sebagai salah satu agenda kunjungannya di Tanah Papua, pada Jumat (11/2/2022).

Mubalig yang berasal dari Fakfak, Papua Barat tersebut hadir di kampus IAIN Sorong bersama sepuluh orang tim. Ust. Fadlan menerangkan, sepuluh orang timnya itu yang selalu membersamainya dalam setiap acara.
“Saya hadir di IAIN Sorong ini, tidak sendiri, melainkan bersama 10 tim, di antaranya terdiri dari tim media, tim kesehatan, dan beberapa tim ahli”, demikian terang Ust. Fadlan menjelaskan secara satu-persatu tim yang membersaminya.

Foto Ust. Fadlan saat menjelaskan sejarah peradaban Islan di Tanah Papua

Sebagai ciri khas dakwah Ust. Fadlan, ia tidak pernah lupa mengingatkan para pendengarnya tentang sejerah peradaban Islam di Tanah Papua. Hal itu juga yang ia ungkapkan di hadapan ratusan peserta yang hadir di Aula kampus IAIN Sorong kemarin. Ia mengatakan bahwa agama yang pertama kali lahir di Tanah Papua ini adalah agama Islam.

“saya sampaikan bahwa berdasarkan fakta sejarah, papua yang dulu nama aslinya adalah Nuu Waar yang memiliki arti negeri yang menyimpan cahaya rahasia ini memiliki peradaban sejarah keagamaan yang luar biasa. Agama yang pertama lahir di pulau ini adalah agama Islam”, ungkap Ust. Fadlan.

Ia mengajak mahasiswa yang mayoritas sebagai peserta dalam acara tersebut, untuk tetap menjaga Tanah Papua. Ia pun mengingatkan para peserta agar jangan pernah pesimis dalam berdakwah di Tanah Papua.

“Apapun latar belakang kita, mahasiswa, guru, PNS, atau pun politisi, saya berpesan, jagalah daerah ini dengan baik. Dan jangan pernah sedih atau pun takut untuk terus berdakwah dan menyebarkan ajaran Islam. Ajaklah mereka dengan cara yang halus. Jangan sekali-kali dengan kekerasan yang dapat menyakiti mereka”, pesan Ust. yang saat ini berdomisi di daerah Bekasi.

Di dalam acara yang berlangsung kurang lebih dua setengah jam itu, selain dihadiri oleh para pejabat IAIN Sorong, juga turut hadir beberapa tokoh yang ada di Kota dan Kabupaten Sorong.

Sebelum Ust. Fadlan menyampaikan tablignya, Rektor IAIN Sorong, Hamzah berkesempatan menyampaikan sambutannya. Ia memberikan apresiasi yang tinggi kepada Ust. Fadlan. Baginya, Ust. Fadlan merupakan sosok mubalig yang memiliki idiosingkresi yang sangat unik. Memiliki vokal serta retorika yang dalam dan luas.

Foto Rektor IAIN Sorong, Dr. Hamzah, M.Ag., saat memberikan sambutan

“Kyai Fadlan Garamatan adalah sosok yang memiliki karakter yang kuat, baik dari segi cara berpakaian serta kemampuan bicaranya sangat baik”, ungkap Rektor.

Sebagai penutup dalam sambutannya, Rektor IAIN Sorong, menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ust. Fadlan beserta rombongan.
“Selamat datang di kampus IAIN Sorong. Inilah kampus hijau yang menjunjung nilai-nilai moderasi. Sesuai dengan motto IAIN Sorong, yakni Harmoni dan Produktivitas”, tutupnya.

(LN)

Tentang Penulis