Flag Counter
3 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Keterangan Foto : Rektor IAIN Sorong (kanan), Ketua Umum MUI Papua Barat (kiri) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU)

Sorong, kitorangnews.com – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua Barat bersepakat untuk menjalin kerjasama. Kesepakatan ini tertuang di dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) yang ditandatangani oleh kedua belah pihak, pada Rabu (13/4/2022).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Hamzah Khaeriyah selaku Rektor IAIN Sorong. Adapun dari pihak MUI Papua Barat ditandatangani langsung oleh H. Ahmad Nausrau selaku Ketua Umum.

Kunjungan kerja Ketua Umum MUI Papua Barat yang didampingi oleh H. Naharuddin selaku Sekretaris Umum ke Kampus IAIN Sorong beserta rombongan merupakan kunjungan balasan yang di mana pada pertengahan bulan Maret 2022 lalu, Rektor IAIN Sorong yang didampingi oleh Plt. Wakil Rektor II berkunjung ke Kantor Sekretariat MUI Papua Barat di Manokwari.

Turut hadir pula, Ketua BAZNAS Papua Barat, Plt. Wakil Rektor II, Kabag ULA, Dekan Fakultas Syariah dan Dakwah, dan Direktur Pascasarjana IAIN Sorong, beserta jajaran pejabat IAIN Sorong.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Sorong menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pengurus MUI Provinsi Papua Barat yang telah berkunjung ke IAIN Sorong dalam rangka menjalin kerja sama.

“Ini kunjungan luar biasa, saya pribadi bersama para pimpinan di lingkup IAIN Sorong mengucapkan terima kasih dan selamat datang di kampus kami. Kami sadari ini merupakan kunjungan balasan dan respons yang luar biasa dari MUI Papua Barat,” ungkapnya

Ia pun mengingatkan bahwa pada kunjungan sebelumnya di Kantor Sekretariat Manokwari telah memberikan sekilas tawaran kerja sama yang bisa dikolaborasikan antara IAIN Sorong dengan MUI Papua Barat.

Selaku Rektor IAIN Sorong, Hamzah Khaeriyah memaparkan tiga program unggulan yang dapat dikerjasamakan bersama MUI Papua Barat maupun kepada BAZNAS Papua Barat.

“Ada tiga program kerja unggulan IAIN Sorong, yaitu pertama, persiapan menjadi UIN, kedua, persiapan BLU (Badan Layanan Umum) semoga tahun ini selesai, dan yang ketiga adalah pengembangan kawasan,” imbuhnya.

“Kami ingin bekerja sama dengan MUI Papua Barat maupun BAZNAS Papua Barat dalam hal pemberian beasiswa kepada mahasiswa IAIN Sorong, percepatan peningkatan sumber daya manusia pada level magister khususnya kepada mubalig, muslim putera daerah, dan pembinaan para mubali,.” tutupnya

Lebih lanjut, H. Surahman Amin selaku Dekan Fakultas Syariah dan Dakwah IAIN Sorong pun memberikan tawaran kerja sama dengan MUI Papua Barat terutama kaitannya dengan bimbingan penyuluhan agama Islam dan pengelolaan zakat.

Hasbullah, Plt. Wakil Rektor II IAIN Sorong dalam sesi diskusi pun menambahkan bahwa perlu adanya kerja sama antara IAIN Sorong dengan MUI Papua Barat dalam bidang pendidikan kader ulama yang akan dipusatkan di IAIN Sorong setelah itu akan dibina dan diberikan penguatan di Istiqlal Jakarta selama dua tahun.

Menanggapi hal tersebut, H. Ahmad Nausrau menyambut baik dan memberikan respons serta dukungan apa yang menjadi tawaran-tawaran Rektor IAIN Sorong.

“Saya sangat menyambut baik tawaran kerja sama ini, saya kira ini sebuah inisiatif yang sangat brilian dari pak Rektor IAIN Sorong. Pada intinya, MUI Papua Barat memiliki komitmen dalam mengembangkan syiar dan dakwah. Sehingga harapan kami adalah ada format kerja sama yang bisa disosialisasikan dan dilaksanakan untuk kepentingan umat,” responsnya.

Di sesi akhir acara, Ketua MUI Papua Barat beserta rombongan mengadakan foto bersama dengan para Pejabat di lingkup IAIN Sorong.

Tentang Penulis