Flag Counter
3 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Beri Ceramah Tarawih di Masjid Al Maarif, Hasbullah: Tingkatkan Amalan dan Raih Kemenangan

Keterangan Foto : Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong, Hasbullah sedang memberikan ceramah tarawih di Masjid Al-Ma’arif, Kota Sorong.

Sorong. kitorangnews.com – Amalan pada penghujung di bulan suci Ramadan ini harus senantiasa ditingkatkan agar meraih kemenangan tatkala menyambut hari raya idul fitri. Unggah Hasbullah, Dekan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong dalam ceramah tarawih di Masjid Al-Ma’arif, Kota Sorong, pada Senin (25/4/2022)

Menurut Hasbullah dalam ceramahnya menyampaikan bahwa setidaknya terdapat 3 amalan yang harus senantiasa ditingkatkan khususnya pada hari-hari akhir di bulan suci ramadan 1443 H / 2022 M terlebih lagi menjemput malam lailatul qadr (baca: malam kemuliaan).

Lanjutnya, amalan yang pertama adalah lebih memaksimalkan diri di dalam membaca dan mentadabburi Al-Quran. Menurut Hasbullah, Allah menurunkan Al-Quran kepada Nabi Muhammad saw. di bulan suci ramadan memiliki maksud dan tujuan tertentu. Di antara maksud dan tujuannya adalah menjaga kemuliaan dan keagungan Al-Quran dengan cara membaca dan mengamalkan apa yang menjadi isinya.

Ia pun menukil salah satu kitab yang ditulis oleh Syaikh Muhammad Amin al Kurdi dengan judul Tanwil al Qulub fi Mu’amalah ‘Allam al Ghuyub, dalam hasil pengamatannya, ia menerangkan khususnya pada pembahasan tasawwuf, disebutkan tentang bagaimana Al Quran tidak hanya sekedar dijadikan bahan bacaan namun menjadikannya sebagai pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari.

Amalan yang kedua ialah rajin bershodaqoh, khususnya membayar zakat. Menurut Hasbullah, zakat yang dikeluarkan oleh seorang Muzakki (baca: pezakat) memiliki berbagai macam keutamaan yang akan diperoleh. Di antaranya adalah mampu menjadi pembersih diri baik secara batin maupun zhahir serta menghindarkan diri segala marabahaya atau musibah yang mungkin akan dialaminya.

Ia pun kembali mengungkapkan kandungan isi yang terdapat di dalam kitab Safinatun Najah fiima Yajibu ‘ala ‘Abdi li Maulah, ditulis oleh Syaikh Salim al-Hadromy, khususnya membahas mengenai fiqh seputar zakat.

Selanjutnya, amalan ketiga yang hendak dimaksimalkan pada akhir bulan suci Ramadan, dalam pandangan Hasbullah adalah menjaga jalinan hubungan antar satu sama lainnya. Menurutnya, hubungan antara seorang muslim dan muslimnya hendaknya semakin harmoni dan saling memaafkan jika terdapat hal yang mungkin menyinggung maupun melukai perasaan saudaranya yang lain.

Ketiga amalan di atas dalam pandangan keagamaan Hasbullah hendak menjadi program yang diprioritaskan khususnya di sisa akhir Ramadan 1443 H / 2022 M. Harapannya adalah sisa ramadan yang berupa ketakwaan dan keshalehan tersebut mampu berkas hingga sesorang diberikan kesempatan untuk bertemu kembali dengan bulan suci Ramadan yang akan datang.

Tentang Penulis