Flag Counter
10 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Perkuat Program Moderasi Beragama di Lingkup Kampus, Rektor IAIN Sorong Gelar Rapat dengan Pengurus Rumah Moderasi Beragama

Keterangan foto: Sesi foto bersama Rektor IAIN Sorong, Hamzah Khaeriyah dengan pengurus Rumah Moderasi Beragama di lingkup IAIN Sorong.

Sorongkitorangnews.com – Dalam rangka penguatan program moderasi beragama di Perguruan Tinggi, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Hamzah Khaeriyah gelar rapat guna membahas program program prioritas Rumah Moderasi Beragama, pada Senin (27/6/2022).

Bertempat di Ruang Meeting Gedung Rektorat Lt.2, rapat dipimpin langsung oleh Hamzah Khaeriyah selaku Rektor IAIN Sorong dengan didampingi oleh Nirwan sebagai Notulis.

Rapat dihadiri oleh para Pengurus Rumah Moderasi Beragama (RMB) di lingkungan Institut Agama Islam (IAIN) Sorong.

Turut hadir pula dalam rapat, M. Arsyad Ambo Tuo selaku Ka.Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Sorong.

Rektor IAIN Sorong, Hamzah Khaeriyah menyampaikan, penguatan moderasi beragama pada perguruan tinggi harus mengedepankan integritas, solidaritas dan tenggang rasa.

“Penguatan moderasi di lingkungan IAIN Sorong hendaknya mengedepankan nilai integritas, solidaritas dan tenggang rasa. Nilai ini bagian terpenting dalam upaya mengembangkan pendidikan agama Islam dan lintas agama yang berbasis rahmatan lil’aalamin.” Sambutnya.

Ia pun menyampaikan, IAIN Sorong sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Keagaman Islam Negeri di Provinsi Papua Barat semaksimal mungkin menjadi lokomotif terhadap penerapan moderasi beragama agar tercipta kerukunan beragama di tanah Papua.

Selaku Rektor IAIN Sorong, Hamzah Khaeriyah memberikan arahan agar para pengurus Rumah Moderasi Beragama di lingkungan IAIN Sorong melakukan rapat-rapat internal lanjutan guna membahas sekretariat, pemetaan program prioritas, membangun komunikasi dengan pemda, ormas keagamaan dan masjid serta dialog lintas agama.

Lebih lanjut, Hamzah Khaeriyah menyampaikan pula, agar di dalam kegiatan-kegiatan Rumah Moderasi Beragama IAIN Sorong pun melibatkan LP2M dengan tujuan implementasi program prioritas moderasi dapat berjalan maksimal khususnya yang berkaitan dengan KKN Nusantara.***

Tentang Penulis