Flag Counter
10 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

UKM LPM IAIN Sorong Menggelar Pelatihan Metodologi Penelitian

Sesi foto bersama selepas kegiatan Pelatihan Metodologi Penelitian yang dihadiri oleh Dekan, Koordinator Program Studi Tadris Bahasa Inggris, dosen, dan mahasiswa Fakultas Tarbiyah di Aula Lantai I Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong, Jumat, 22 Juli 2022. (Kitorangnews/LN).

Sorong, kitorangnews.com – Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Penelitian Mahasiswa (UKM LPM) Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong menyelenggarakan workshop penelitian sebagai persiapan mahasiswa akhir dalam menghadapi proses penyusunan tugas akhir (skripsi). Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, yakni tanggal 20 s.d. 22 Juli 2022.

Koordinator Program Studi (Koor. Prodi) Tadris Bahasa Inggris, Miftahulfadlik Dabamona, dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan inisiatif sekaligus upaya pengurus UKM LPM untuk menjawab keresahan para mahasiswa yang sedang menempuh proposal skripsi.

“Latar belakang dari kegiatan mahasiswa Fakultas Tarbiyah yang diwadahi oleh Lembaga Penelitan Mahasiswa IAIN Sorong adalah sebuah keresahan tentang bagaimana meningkatkan kualitas dan persiapan mahasiswa dalam menghadapi penyusunan proposal penelitian. Hal ini ditanggapi positif oleh para dosen pembimbing seminar proposal. Oleh karena itu, mahasiswa membentuk wadah di mana mahasiswa dapat mengembangkan ide dan kreativitasnya terkait penelitian,” jelas Mifatahulfadlik.

Mr. Miftah, panggilan akrab Miftahulfadlik Dabamona berharap kegiatan pelatihan ini bisa menjadi pemicu untuk melahirkan kegiatan-kegiatan produktif lainnya. Sehingga, harapnya, kegiatan-kegiatan tersebut bisa menambah daya kreativitas mahasiswa Fakuktas Tarbiyah.

“Diharapkan bahwa kegiatan ini merupakan stimulus dari kegiatan-kegiatan lain dan dapat berkesinambungan untuk menunjang kreativitas mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong,” katanya.

Pada waktu yang sama, Hasbullah, selaku Dekan Fakultas Tarbiyah sekaligus Plt. Wakil Rektor II IAIN Sorong dalam sambutannya mengaku bangga dengan adanya inisiatif besar para mahasiswa Fakultas Tarbiyah. Inisiatif para mahasiswa dalam membentuk wadah pengembangan kapasitas ini, Hasbullah mengapresiasi dan menyampaikan bahwa institusi IAIN Sorong mendukung penuh lembaga mahasiswa ini.

“Ini merupakan sebuah kebanggaan yang sangat luar biasa khususnya bagi diri saya di mana para dosen kita dan mahasiswa punya keresahan yang sama yaitu tentang kualitas penelitian mahasiswa. Dan untuk meningkatkan kualitas tersebut, solusi hasil keresahan direalisasikan dengan membentuk UKM Lembaga Penelitian Mahasiswa. Saya berharap ini menjadi contoh ke depan. Realisasi ini pun didukung penuh oleh Institusi dengan adanya agenda pelantikan UKM yang dijadwalkan paling lambat itu bulan Agustus,” ucapnya.

Di samping itu, Ketua Umum UKM LPM, Ariyani Fatimah menyampaikan bahwa kegiatan ini akan melahirkan kegiatan-kegiatan produktif lainnya sebagai ajang untuk menimba ilmu dan pengetahuan tentang penelitian.

“Kegiatan ini diharapkan dapat kedepan berkelanjutan mengingat manfaat yang didapatkan seperti pemahaman dan praktek tentang menentukan metode penelitian yang cocok dengan penelitian. Dan diharapkan juga bahwa rekan-rekan mahasiswa lain dapat turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, dan tidak hanya didominasi dari beberapa prodi saja, bahkan dari lintas Fakultas pun dapat bergabung dalam kegiatan semacam ini,” ungkap Ariyani.

Ariyani mengaku, ia bersama pengurus UKM LPM yang lain akan membuat simulasi seminar dan grup diskusi tentang penelitian dan penulisan proposal ataupun skripsi.

“Terkait program kerja kedepan, perlu adanya pembahasan dalam simulasi seminar atau group discussion tentang skripsi, proposal, dan penelitian yang baik ataupun penelitian yang belum layak agar menjadi contoh bagi mahasiswa yang lain. Tentu Lembaga Penelitian Mahasiswa yang baru terbentuk ini perlu membangun kerja sama dan hubungan baik dengan para pimpinan Institusi, Fakultas dan sesama mahasiswa agar ke depanya dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Penelitian,” tutup Ariyani.

*L/N

Tentang Penulis