Flag Counter
21 July 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

IAIN Sorong Hadiri Pertemuan Nasional Rumah Moderasi Beragama PTKN Kawasan Timur Indonesia di Makassar

Sesi foto bersama selepas kegiatan Empowering Rumah Moderasi Beragama yang diinisiasi oleh Balai Diklat Agama Makassar, dihadiri oleh perwakilan-perwakilan PTKN se Kawasan Timur Indonesia, Kepala Biro AUAK IAIN Sorong (ketiga dari kanan) di Hotel Dalton Makassar, Rabu, 27 Juli 2022. (Kitorangnews/RR).

Sorongkitorangnews.com – Bertempat di Hotel Dalton Makassar, Kepala BAUAK Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Dr. H. M. Arsyad Ambo Tuo, M.Ag. bersama Ketua Rumah Moderasi Beragama IAIN Sorong, Pendeta Obed Nego Mauri mengikuti pertemuan nasional Rumah Moderasi Beragama (RMB) PTKN se Kawasan Indonesia Timur.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Balai Litbang Agama Makassar ini berlangsung selama tiga hari mulai dari 27 s.d. 29 Juli 2022 dan dihadiri oleh 70 orang peserta. Selain diikuti oleh peserta internal Balai Litbang Agama Makassar juga diikuti oleh peserta eksternal dari IAIN Sorong, BDK Makassar, UIN Alauddin Makassar, UINSI Samarinda, IAIN Manado, IAIN Kendari, IAIN Datokarama Palu, IAIN Bone, IAIN Palopo, IAIN Parepare, IAIN Ambon, IAIN Ternate, IAIN Sultan Amai Gorontalo dan STAIN Majene.

Hadir pula perwakilan peserta dari Institut Agama Kristen Negeri (AKN) Toraja, Ambon dan Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN) Sentani.

Pertemuan nasional Rumah Moderasi Beragama (RMB) PTKN se-Kawasan Timur Indonesia tersebut secara resmi dibuka langsung oleh Rektor UIN Alauidin Makassar, Prof. Drs. Hamdan Juhannis, M.A., Ph.D.

Dalam sambutannya, Prof. Hamdan menyampaikan, moderasi beragama merupakan spirit di dalam pengembangan kampus-kampus di bawah naungan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Kementerian Agama RI serta penguatannya pun berada pada satu komando.

“Moderasi beragama merupakan spirit pengembangan kampus. Oleh karenanya Kampus PTKN hendaknya menggiatkan kreatifitas melalui literasi digital, menggiatkan ToT (Training of Trainer), penguatan melalui kurikulum dan bahan ajar atau modul moderasi beragama, ada satu hal yang juga tak kalah penting yaitu kita patutnya satu komando, satu barisan dalam penguatan moderasi beragama.” Ungkap pria kelahiran Desa Mallari, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone ini diakhir sambutannya.

Lebih lanjut, Kepala BAUAK IAIN Sorong yang akrab disapa dengan Ambo Tuo saat dihubungi kitorangnews.com mengatakan, pertemuan nasional RMB PTKIN se kawasan Indonesia timur merupakan wadah kampus-kampus PTKIN di wilayah timur Indonesia untuk koordinasi dan berbagi informasi mengenai kegiatan-kegiatan Rumah Moderasi Beragama pada tiap perguruan tinggi.

“Bagi saya pribadi, kegiatan seperti sangat bagus karena sebagai wadah sharing informasi antar PTKIN se kawasan timur Indonesia dalam rangka menyukseskan program priotitas Kementerian Agama Republik Indonesia dalam hal penguatan program moderasi beragama di perguruan tinggi.” Tuturnya.

Moderasi beragama merupakan salah satu agenda penting yang kini telah menjadi bagian dari modal sosial dalam pembangunan nasional yang telah dikukuhkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024 dituangkan melalui Peraturan Presiden (perpres) Nomor 18 tahun 2020 dan Kementerian Agama sebagai leading sektor.***

Loading

Tentang Penulis