Flag Counter
12 June 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Penutupan dan Pelepasan KKNT Angkatan III Tahun 2022, Ini Pesan Wakil Rektor 1 IAIN Sorong

Wakil Rektor I IAIN Sorong, Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I. tengah memberikan sambutan penutupan pada kegiatan Pembekalan Mahasiswa KKNT Tahun 2022 di Gedung Aula IAIN Sorong, Kota Sorong, Kamis 04 Agustus 2022. (Kitorangnews/RR).

Sorongkitorangnews.com –  Di bawah koordinir Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Sorong, Syahrul, LC., MA. sebanyak 194 Mahasiswa IAIN Sorong mengikuti prosesi penutupan dan pelepasan program Kuliah Kerja Nyata Terpadu/KKN-T Angkatan III Tahun 2022 mulai pukul 14.00 WIT s.d. selesai, pada Kamis (04/8/2022).

Kegiatan penutupan dan pelepasan ini dihelat di Gedung Aula IAIN Sorong dan secara resmi ditutup dan dilepas oleh Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I. selaku Wakil Rektor I Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong yang dimoderatori oleh Sumarsih, M.Pd.I.

Sesaat sebelum kegiatan penutupan dan pelepasan digelar, Ketua LP2M IAIN Sorong, Syahrul kepada kitorangnews.com mengungkapkan rasa terimakasih kepada para pihak yang telah membantu hingga kegiatan pembekalan selesai tanpa hambatan apapun.

“Terimakasih banyak saya ucapkan kepada teman-teman, bapak/ibu sekalian atas bantuannya. Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan pembekalan ini dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya. Sisanya tinggal kita mengantar mahasiswa menuju tempat tugas mereka masing-masing.” Ungkapnya.

Turut hadir pada kegiatan penutupan, Rusyaid, M.Pd.I. (Ketua Koordinator DPL), Dosen DPL dan beberapa perwakilan dari Koordinator Program Studi serta staf Rektorat.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I IAIN Sorong, M. Rusdi Rasyid berpesan kepada para mahasiswa yang akan terjun ke lapangan agar memaksimalkan potensi dan talenta yang dimiliki agar bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Perlu saya sampaikan bahwa penyempurnaan ilmu pengetahuan adalah dengan melakukan praktek, selanjutnya praktek ini kita aplikasi di lapangan karena agama mengajarkan kepada kita agar memanfaatkan dan mengaplikasikan apa yang kita miliki untuk kemanfaatan orang lain. Inilah yang agama sebut sebagai Ulul Albab.” Terangnya.

Ia pun menitip pesan kepada mahasiswa agar senantiasa berbuat baik kepada semua orang tanpa melihat perbedaan maupun persamaan status serta membangun spirit rahmatan lil alamin.

“Sebentar lagi kalian akan turun ke lapangan, gunakanlah sebaik mungkin talenta yang kalian miliki tanpa membeda-bedakan status sosial, ekonomi dan lain sebagainya. Kalian berasal dari kampus Islam maka seyogyanya semangat yang dibangun pun harus berasas Islam rahmatan lil alamin” Unggahnya.

Sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri satu-satunya di Papua Barat, M. Rusdi Rasyid pun berpesan kepada para mahasiswa agar menampilkan nuansa pembinaan yang religius, humanis, harmonis dan produktifitas selama berada di lokasi KKNT maupun tempat PPL yang telah ditempatkan masing-masing.

Pada akhir sambutan, Wakil Rektor I IAIN Sorong membacakan syair Al-‘Itiraf yang dikarang oleh Abu Nawas yang mengisyaratkan bahwa segala aktifitas yang akan dilakukan oleh mahasiswa di lapangan pasti ada kekurangan dan kesalahan maka sebagai kesempurnaan amalan yang diperbuat maka hendaknya diiringi dengan memperbanyak taubat dan istighfar agar mendapatkan ridha dan ampunan Allah ta’alaa.***

Loading

Tentang Penulis