Flag Counter
10 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Integrasi Semangat Literasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar, Prodi PGMI IAIN Sorong Jalin Kemitraan Lintas Kampus

Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong, St. Umrah (nomor dua dari kanan) melakukan penandatangan berita acara kemitraan dengan beberapa kampus di Provinsi Papua dan Papua Barat, di Hotel Defaren Kota Sorong, pada 11 Agustus 2022. (Kontributor kitorangnews/ Rab)

Sorong, kitorangnews.com – Pada tanggal 10 s.d. 11 Agustus 2022, bertempat di Hotel Defaren Kota Sorong berlangsung Konsolidasi Pimpinan Program Studi PGSD/PGMI dalam Integrasi Literasi Baca Tulis dan Numerasi Kelas Awal ke dalam Perencanaan Kurikulum Kampus Merdeka. Kegiatan ini juga diselingi dengan kunjungan ke beberapa kampus di Sorong Raya, salah-satunya IAIN Sorong.

Suasana diskusi kemitraan lintas kampus dalam rangka Integrasi Literasi Baca Tulis dan Numerasi Kelas Awal ke dalam Perencanaan Kurikulum Kampus Merdeka.

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari ini, dihadiri oleh Dekan dan Ketua Program Studi PGSD/PGMI di tujuh Perguruan Tinggi yang berada di Provinsi Papua dan Papua Barat. Perguruan tinggi tersebut meliputi IAIN Sorong, Universitas Cedrawasih, Universitas Wiyata Mandala Nabire, STKIP Biak, STKIP Muhammadiyah Manokwari, Universitas Nanibili Sorong, dan Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong.

Untuk memperkuat kemitraan lintas kampus ini, dilakukan penandaanganan berita acara dukungan penguatan literasi oleh Kepala LLDIKTI wilayah XIV yang di selenggaran oleh UNICEF yang bermitra dengan 8 perguruan tinggi. Hadir pula dalam kegiatan sejumlah ketua program Studi PGMI/PGSD.

Mereka menghasilkan suatu kesepakatan untuk memasukkan aspek literasi baca-tulis dan numerasi di iplementasikan mata kuliah prodi PGSD/PGMI di masing masing kampus mitra. Melalui mata kuliah literasi baca tulis dan numerasi ini, mahasiswa diharapkan mendapatkan metode pengajaran Literasi berbasis pendidikan inklusi dan disiplin positif.

Fakultas tarbiyah IAIN Sorong menyambut dengan antusias kegiatan ini, hal ini dibuktikan dengan diutusnya dua personel dosen yang membidangi literasi baca tulis dan literasi numerasi untuk mengikuti kegiatan ini hingga selesai.

Dekan Fakultas tarbiyah yang diwakili oleh Wakil Dekan 1 bidang kemahasiswaan dan kerja sama, St. Umrah menyatakan, kegiatan yang diprakarsai oleh UNICEF dan UNIMUDA Sorong ini akan berkontribusi positif dalam perkembangan pendidikan di Papua Barat, utamanya dalam rangka pengentasan buta aksara dan peningkatan kualitas pendidikan.

Foto bersama di pelataran Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong setelah kegiatan diskusi.

Koordinator program studi PGMI IAIN Sorong mengungkapkan kebanggannya bisa bergabung dalam kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah dosen Prodi PGMI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong telah mengutus satu dosen matematika dan satu dosen bahasa Indonesia untuk mengikuti kegiatan Training of Trianer literasi baca tulis dan numerasi kelas awal ini, diharapkan mereka dapat memberikan kontribusi positif dalam penyempurnaan kurikulum dan perkuliahan di prodi PGMI,” tuturnya.

Tentang Penulis