Flag Counter
13 June 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Kepala Biro AUAK IAIN Sorong, M. Arsyad Ambo Tuo Menyampaikan Materi Penguatan Budaya Akademik Mahasiswa Berbasis Moderasi Beragama pada PBAK Tahun 2022

Kepala Biro AUAK Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Dr. H. Muhammad Arsyad Ambou Tou, M.Ag. sedang bertanya kepada salah satu peserta PBAK Tahun 2022, di Gedung Aula IAIN Sorong, Selasa, 06 September 2022. (Kitorangnews/RR).

Sorongkitorangnews.com – Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan Institut Agama Islam Negeri Sorong (Ka. Biro AUAK IAIN Sorong), Dr. H. Muhammad Arsyad Ambo Tuo, M.Ag. menjadi pemateri pada kegiatan Pengenalan Budaya Akademik & Kemahasiswaan (PBAK) Tahun 2022 yang dilaksanakan di Aula IAIN Sorong, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat. pada Selasa (06/9/2022).

Materi yang diangkat oleh Ka Biro IAIN Sorong pada kegiatan PBAK hari pertama tersebut berkaitan tentang penguatan budaya akademik mahasiswa berbasis moderasi beragama.

Materi yang disajikan tersebut seirama dengan tema besar yang dirancang oleh Panitia Pelaksana PBAK Tahun 2022 yang diketuai langsung oleh Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I. selaku Wakil Rektor I IAIN Sorong yaitu “Penguatan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan Berbasis Moderasi Beragama dalam Mewujudkan Harmoni dan Produktifitas”.

Dalam paparan materinya, Ka. Biro AUAK IAIN Sorong menyampaikan, keberagaman dan keberagamaan adalah sunnatullah (baca: kehendak Tuhan).

“Kita yang hadir di sini terdiri dari berbagai etnis, ras, suku dan budaya. Ini adalah sunnatullah. Tidak mungkin kita semuanya sama. Pasti terdapat perbedaan-perbedaan. Oleh karenanya, toleransi perlu ditingkatkan dalam menjaga persatuan dan kesatuan agar suasana yang harmonis antar sesama umat manusia dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.” Ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, H. Muhammad Arsyad Ambo Tuo mengajak seluruh peserta PBAK tahun 2022 agar menjadi agen moderasi beragama di lingkungan kampus dan masyarakat umum.

“Anak-anakku mahasiswa baru IAIN Sorong setidaknya terdapat empat indikator seorang mahasiswa sebagai masyarakat kampus yang moderat yaitu, pertama, memiliki komitmen kebangsaan. kedua, memiliki jiwa toleransi. ketiga, anti kekerasan. Selanjutnya yang keempat, menerima dan menghargai segala tradisi. Keempat indikator inilah yang menjadi harapan kita semua sebagai masyarakat kampus IAIN Sorong sehingga kita semua menjadi agen-agen moderasi beragama baik di lingkungan kampus maupun di lingkungan masyarakat secara umum.” Ucapnya.

Pada akhir materinya, Ka. Biro AUAK IAIN Sorong, Dr. H. Muhammad Arsyad Ambo Tuo, M.Ag. menyampaikan, pengarusutamaan moderasi beragama di lingkungan kampus perlu ditingkatkan demi terciptanya harmonisasi antar umat beragama.

“Pengarusutamaan moderasi beragama perlu kita tingkatkan. Manakala mahasiswa mengamalkan dan menjaga moderasi beragama khususnya di lingkungan kampus maupun masyarakat secara umum pada hakikatnya telah ikut berkontribusi di dalam menjaga keharmonisan secara internal antar umat beragama demi Kota Sorong yang maju, beradab dan bermartabat.” Tutupnya.

Pelaksanaan kegiatan PBAK IAIN Sorong Tahun 2022 ini akan berlangsung selama tiga hari dengan mendatangkan pemateri-pemateri baik di lingkup internal kampus sendiri maupun mendatangkan pemateri dari berbagai unsur.***

Loading

Tentang Penulis