Flag Counter
15 June 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

IAIN Sorong Sukses Gelar Penutupan PBAK Tahun 2022, Pesan Wakil Rektor I : Mahasiswa Baru Harus Mampu Berinteraksi, Bersinergi dan Bersikap Moderat

Wakil Rektor I Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, SS., M.Pd.I. tengah memberikan sambutan pada penutupan kegiatan PBAK Tahun 2022, di Aula IAIN Sorong, Kamis, 08 September 2022. (Kitorangnews/RR).

Sorongkitorangnews.com – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong sukses menggelar penutupan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik & Kemahasiswaan / PBAK Tahun 2022. Kegiatan penutupan ini digelar secara meriah di Aula IAIN Sorong, mulai pukul 16.30 WIT s/d selesai, pada Kamis (08/9/2022).

Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun 2022 yang digelar selama tiga hari, dari tanggal 06 s/d 08 September 2022 resmi ditutup oleh Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, SS., M.Pd.I. selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kelembagaan, Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Sorong yang ditandai dengan pemakaian jas almamater kepada perwakilan mahasiswa baru.

Pemakaian baju almamater IAIN Sorong oleh Muhammad Rusdi Rasyid kepada peserta PBAK (Kitorangnews/RR),

Turut hadir mendampingi dalam upacara penutupan PBAK 2022, Kepala Biro AUAK IAIN Sorong, Dr. H. Muhammad Arsyad Ambo Tuo, M.Ag. yang pada kesempatan yang sama, terlihat ikut serta memakaikan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa baru secara simbolis.

Kepala Biro AUAK IAIN Sorong tengah memakaian jas almamater kepada peserta PBAK tahun 2022 secara simbolis sebagai tanda calon mahasiswa baru telah resmi menjadi mahasiswa IAIN Sorong TA 2022/2023.

Begitu pula Kabag ULA IAIN Sorong, H. Muhammad Anwar Darwis, M.Pd. serta beberapa pejabat berbagai unit, fakultas di lingkungan IAIN Sorong dan humas turut menghadiri upacara penutupan PBAK tahun 2022 yang diikuti oleh 190 peserta.

Dalam sambutan kegiatan penutupan PBAK, Wakil Rektor I IAIN Sorong, Muhammad Rusdi Rasyid mengucapkan rasa syukur atas terselenggarannya kegiatan PBAK Tahun 2022 dengan baik dan lancar.

“Alhamdulillah pada kesempatan ini, kita sudah berada pada titik terakhir dari acara pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan tahun 2022. Terimakasih kepada seluruh tim yang terlibat, rangkaian acara demi acara selama tiga hari dapat berjalan dengan baik dan lancar.” Ungkapnya.

Lebih lanjut, Muhammad Rusdi Rasyid pun menegaskan bahwa tujuan utama diselenggarakan PBAK adalah untuk membentuk karakter. Karakter yang dimaksudkan di sini adalah kemampuan berinteraksi dan bersinergi antar sesama mahasiswa baru maupun segenap civitas akademika IAIN Sorong.

Ia pun menambahkan tujuan selanjutnya yang ingin dicapai dari pelaksanaan PBAK adalah yang berkaitan dengan moderasi beragama.

“Tujuan yang ingin dicapai selanjutnya adalah bagaimana sikap mahasiswa terhadap program moderasi beragama?. Apakah betul mahasiswa sudah memiliki sikap moderat dalam melaksanakan ajaran agamanya? Perlu diingat, mahasiswa hendaknya menghindari segala bentuk penghakiman, membicarakan kejelekan terhadap mahasiswa yang berbeda dengannya yang dapat berakibat pada tindakan-tindakan kekerasan maupun perkelahian.” Tutupnya.

Selama tiga hari para calon mahasiswa telah mendapatkan penggemblengan oleh para pemateri yang kompeten yang terdiri dari narasumber internal kampus IAIN Sorong dan eksternal diantaranya Anggota DPRD Kota Sorong, TNI dan lain sebagainya.

Kegiatan penutupan berlangsung baik, lancar dan meriah. Selanjutnya pada akhir sesi penutupan PBAK Tahun 2022 ini diisi dengan berbagai hiburan dari peserta, seperti penampilan seni bela diri pencak silat dari perguruan silat setia hati, kera sakti, sholawatan, ceramah agama, puitisasi, lagu pop hingga tari kontemporer seperti reggae dan lain sebagainya.***

Sesi foto bersama dengan peserta PBAK tahun 2022 sesaat setelah pemakaian jas almamater secara simbolis. (Kitorangnews/RR)

Loading

Tentang Penulis