Flag Counter
10 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Dr. Hamzah Khaeriyah, M.Ag. tengah memberikan taushiyah ba’da Shalat Dzhuhur di Masjid Quba, Kota Sorong, Selasa, 06 September 2022. (Kitorangnews/RR).

Sorongkitorangnews.com – Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai pilar-pilar keikhlasan. Berikutnya ini kita akan sedikit berbicara mengenai dampak dari sebuah keikhlasan.

Apa-apa aja dampak atau pengaruh dari keikhlasan itu? jangan-jangan di dunia ini kita tidak temukan atau merasakan dampak dari keikhlasan itu sendiri.

Sedangkan di dalam Islam sendiri, sebagai seorang muslim hendaknya mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagian di dunia dan kebahagiaan di akhirat.

Islam tidak hanya berbicara bagaimana pemeluknya mendapatkan keselamatan di akhirat semata namun berbicara pula tentang bagaimana umat Islam mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan semasa hidup di dunia.

Oleh karenaya itu, kita sebagai pemeluk agama Islam harus meyakini dan percaya bahwa setiap perintah agama pasti membawa kebahagiaan dunia dan akhirat.

Walaupun masih banyak mungkin dari kita yang belum mengetahui apa sebenarnya hikmah dan dampak dari menunaikan perintah Allah subhanahu wa ta’alaa. Tapi keyakinan mengantarkan kita bahwa pasti di balik segala perintah itu membawa kepada kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Terkait dengan keikhlasan ini, salah seorang ulama mengatakan bahwa orang yang ikhlas itu menyembunyikan amalan kebaikannya sebagaimana ia menyembunyikan kesalahannya. Itulah yang dinamakan dengan ikhlas.

Bahkan kalau merujuk perkataan Imam Ghazali, “lupakanlah kebaikanmu, ingatlah kesalahanmu”. Hal ini tentunya mengingatkan kita semua bahwa keikhlasan merupakan bagian dari ketaatan.

Jadi dampak yang pertama dari keikhlasan adalah mengingatkan kepada kita agar lebih banyak mengingat kesalahan yang kita lakukan dibandingkan dengan kebaikan yang kita telah lakukan. Inilah kiranya dampak yang sangat luar biasa.

Dampak selanjutnya, keikhlasan itu adalah keutuhan yang hakiki. Sebanyak apapun kebaikan yang kita lakukan namun tidak didasari oleh keikhlasan maka itu hanya berkaitan dengan perut semata dan ini adalah kerugian yang sangat besar sebab hanya mendapatkan kebahagiaan di dunia saja sedangkan di akhirat tidak akan memperoleh kebahagiaan.

Adapun dampak yang ketiga adalah keikhlasan itu menghasilkan keyakinan. Keikhlasan ini akan menjadi kekuatan dan bekal di dalam ibadah. Kita yakin dan percaya bahwa segala kesulitan yang dihadapi dalam melakukan kebaikan maka Allah subhanahu wa ta’alaa yang akan menyelesaikan.

Dampak berikutnya dari keikhlasan adalah akan muncul mutiara hikmah / kebijaksanaan dari hati pada lisannya.

Seseorang yang telah mendapatkan mutiara hikmah maka lisannya akan senantiasa berkata yang baik-baik, selaras antara ucapan dan perbuatan. Orang yang seperti ini akan disenangi, disegani dan dimuliakan dikarenakan kebijaksanaan yang dimilikinya.

Itulah kiranya dampak-dampak yang timbul dari sebuah keikhlasan yang bisa diutarakan pada rubrik kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua.

(Artikel ini diintisarikan dari Kultum Dr. Hamzah Khaeriyah, M.Ag. / Rektor Institut Agama Islam Negeri [IAIN] Sorong, Papua Barat di Masjid Quba Kota Sorong, pada Selasa 06/9/22)

Tentang Penulis