Flag Counter
15 April 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Gandeng Tribun Papua Barat, IAIN Sorong Gelar Kegiatan Pelatihan Jurnalistik

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong mengadakan pelatihan jurnalistik di Laboratorium TIPD IAIN Sorong, Kelurahan Klablim, Distrik Sorong Timur, Kota Sorong, Papua Barat, pada Kamis (03/11/2022). 

Sorongkitorangnews.com – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong mengadakan pelatihan jurnalistik di Laboratorium TIPD IAIN Sorong, Kelurahan Klablim, Distrik Sorong Timur, Kota Sorong, Papua Barat, pada Kamis (03/11/2022).

Sebanyak 50 mahasiswa Program Studi (Prodi) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Syariah dan Dakwah (FSD) IAIN Sorong menjadi peserta dalam acara ini.

Pelatihan jurnalistik kali ini mengusung tema “The Power of Writing and Publishing Towards a Professional Journalist”.

Acara ini dibuka langsung Wakil Dekan FSD IAIN Sorong, Fatmasari. Turut hadir Koordinator Prodi KPI FSD IAIN Sorong, Dwi Iin Kahinah dan pejabat lainnya.

Acara ini menghadirkan Content Manager TribunPapuaBarat.comHaryanto, sebagai narasumber.

Wakil Dekan FSD IAIN Sorong, Fatmasari, berpesan agar nanti alumni KPI mampu menjadi jurnalis atau wartawan yang profesional.

“Dalam kesempatan kali ini ada tiga hal pesan saya. Pertama, jika menulis, menulislah dengan sumber yang valid, jangan menyebarkan hoaks,” tegasnya.

“Kedua, angkat fenomena sosial, sehingga menjadi problem solving dari persoalan yang ada di masyarakat,” katanya.

Selain itu, ia menyampaikan pesan agar mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang didapat untuk kebaikan di masyarakat melalui aksi-aksi nyata.

Iklan untuk Anda: Ibu Rumah Tangga Ditemukan Dalam Perut Ular Raksasa: Rekamannya shocking!

Advertisement by

“Berkontribusilah dengan menulis sehingga menjadi manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Baca juga: UPBJJ-UT Sorong Gelar Pelatihan Tutorial Tatap Muka demi Jaga Kualitas Pendidikan

Koordinator Prodi KPI FSD IAIN Sorong, Dwi Iin Kahinah, mengatakan pelatihan ini bertujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa terutama KPI.

“Dengan bekal ilmu yang diberikan saat latihan ini, kita harapkan mahasiwa semakin professional,” kata Ketua Prodi KPI IAIN Sorong, Dwi Iin Kahinah, kepada jurnalis Kasuari Berkah.

IAIN Sorong melalui Prodi KPI, ucap Iin, berkomitmen agar membina mahasiswa menjadi lulusan yang sesuai berkompeten dan professional.

Dijelaskan, ada beberapa kompetensi yang diharapkan dari setiap lulusan KPI.

“Kompetensi itu satu di antaranya menjadi jurnalis atau wartawan. Jadi, kami harapkan selesai kuliah mereka mempunyai kompetensi dan professional dalam bekerja,” katanya.***

Artikel ini telah tayang di Tribunpapuabarat.com dengan judul IAIN Sorong Hadirkan Narasumber TribunPapuaBarat.com Dalam Kegiatan Pelatihan Jurnalistik, 

Loading

Tentang Penulis